Pecah Rekor! MURI: UNP Basongket 2023 Capai Rekor Dunia

Customer Relation Manager MURI Lutvi Syah Pradana. (Foto: YEYEN/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Lebih dari 17 ribu orang sivitas akademika Universitas Negeri Padang (UNP) mengenakan songket Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (14/12/2023). Mahasiswa, dosen, hingga rektor UNP terlihat mengenakan songket Sumbar, yang terlihat sangat elegan dan membudaya dalam momen “UNP Basongket 2023” itu. Tak main-main, Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) menetapkan ini tembus rekor dunia.

Bacaan Lainnya

“MURI mengapresiasi kegiatan yang diadakan di Universitas Negeri Padang, yaitu “UNP Basongket 2023″. Terverifikasi sebanyak 17.319 sivitas akademika, mulai dari rektor, mahasiswa, para dosen, para tenaga pendidikan, mengenakan songket pada hari ini. Indonesia tidak hanya mencatat ini sebagai rekor Indonesia, melainkan rekor dunia, karena MURI meyakini tidak ada pemakaian songket sebanyak 17.319 peserta di belahan dunia manapun,” ungkap Customer Relation Manager MURI Lutvi Syah Pradana, saat wawancara dengan awak media, Padang, Kamis (14/12/2023).

Menurut Lutvi, pemecahan rekor ini dikategorikan sebagai superlative, yaitu segala sesuatu yang dapat dihitung, dalam hal ini adalah yang terbanyak. Kategori superlative mencakup pencapaian terbaik, terbesar, terpanjang, tercepat, atau yang memiliki ukuran paling ekstrem di suatu bidang.

Dijelaskan, untuk pencapaian rekor ini, “UNP Basongket 2023” telah melewati proses verifikasi selama 2-3 hari, mulai dari pengisian formulir. Awalnya UNP mengajukan untuk pemakaian 11 ribu songket, namun rupanya yang terealisasi mencapai hingga lebih dari 17 ribu pemakaian songket di kampus dalam satu hari.

Diungkapkan, “UNP Basongket 2023” sendiri berhasil melewati rekor sejenis yang dicapai oleh pemecah rekor sebelumnya, 10 ribu penggunaan tanjak melayu di Palembang, yang juga berbahan songket.

“Selama tahun 2023, ada sekitar 200 catatan rekor baru atau pemecahan rekor,” imbuh Lutvi.

Melalui “UNP Basongket 2023”, disebutkan, MURI ingin menyuarakan semangat kebangsaan nasional, dengan para rekoris menciptakan karya-karya yang mengangkat kembali budaya-budaya lokal yang perlu diketahui generasi muda.

Dalam kesempatan momen “UNP Basongket 2023” di kampus UNP tersebut, dinobatkan juga Mufidah Jusuf Kalla sebagai Ibu Songket Sumatera Barat. Selain dihadiri langsung oleh Mufidah Jusuf Kalla, acara dihadiri pula oleh Wakil Menteri Tenaga Kerja, Afriansyah Noor, istri Gubernur Sumbar Harneli Bahar, Plt Sekretaris Dirjen Pendidikan Tinggi Prof. Tjitjik Sri Tjahjandarie, istri Mendagri, Tri Suswati Tito Karnavian, Ketua DWP Kemendikbud Ristek Teti Herawati Aminudin Aziz, Ketua LKAAM Sumbar Fauzi Bahar, Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono dan istri, dan tokoh lainnya. (003)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait