Peduli Keselamatan Berlalu Lintas, Kapolres Pasbar Bagikan Helm Gratis dan Takjil Buka Puasa

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto, saat memberikan helm secara gratis kepada pengendara di Bundaran Simpang Empat Kecamatan Pasaman, Rabu (13/3/2024) sore. (Foto: WISNU A. UTAMA/SumbarFokus.com)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Dalam rangka Operasi Keselamatan Singgalang 2024, Polres Pasaman Barat melaksanakan pembagian helm dan takjil berbuka puasa kepada para pengendara yang melintas di Bundaran Simpang Empat, Kecamatan Pasaman, Rabu (13/3/2024) sore.

Bacaan Lainnya

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Waka Polres Pasaman Barat Kompol Chairul Amri Nasution didampingi Kasat Lantas Iptu M. Irsyad Fathur Rahman dan personel Satuan Lalu Lintas Polres Pasaman Barat.

“Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Polres Pasaman Barat terhadap keselamatan para pengendara, sehingga masyarakat dapat menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas,” kata Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto.

Disebutkan, operasi keselamatan secara serentak digelar diseluruh jajaran di wilayah Republik Indonesia, khususnya di wilayah hukum Polres Pasaman Barat, Polda Sumatera Barat pihaknya memberikan edukasi dan sosialisasi serta membagikan brosur keselamatan kepada masyarakat agar dapat tertib dan mematuhi peraturan lalu lintas selama berkendara di jalan raya.

“Kepolisian adalah mitra masyarakat, tentunya dalam hal ini kita saling mengingatkan, saling mendukung dan saling mengisi agar lebih tertib dalam berlalu lintas di jalan raya,” ungkapnya.

Ditambahkan, Polres Pasaman Barat juga membagikan helm secara gratis kepada pengendara sepeda motor, dengan menunjukkan kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

“Sebanyak 400 helm kita bagikan secara gratis kepada masyarakat, dan juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah, diawal bulan Ramadan 1445 H ini, kita juga membagikan takjil gratis kepada masyarakat jelang waktu berbuka puasa,” ucapnya.

Dijelaskan, tujuh prioritas penindakan pelanggaran lalu lintas selama operasi keselamatan singgalang diantaranya, tidak menggunakan helm, melawan arus, berboncengan lebih dari dua orang, kendaraan yang menggunakan knalpot racing (brong) dan pelanggaran lainnya.

“Kita tidak segan-segan dalam melakukan penindakan bagi para pengendara yang terbukti secar kasat mata melakukan pelanggaran lalu lintas,” tegasnya.

Ia mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap tertib dan mematuhi aturan serta rambu-rambu lalu lintas. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir dan menekan angka kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabupaten Pasaman Barat.

“Jadilah pelopor keselamatan lalu lintas, sayangi diri sendiri dan keluarga di rumah, terkhusus untuk generasi muda dan remaja hindari aksi kebut-kebutan di jalan raya dan aksi balapan liar, lakukan kegiatan yang bermanfaat selama bulan suci Ramadan 1445 H ini,” imbaunya. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait