Liburan ke Luar Negeri, Siap Uang Tunai atau Cashless?

Pembahasan persiapan uang liburan
Apabila Anda berlibur ke luar negeri dalam waktu yang singkat, maka tidak ada salahnya membawa uang tunai. Namun, pastikan Anda sudah melakukan penukaran valuta asing sebelumnya. (Foto: Pin/sumbarfokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Liburan adalah momen yang menyenangkan, dan pastinya setiap orang berharap bisa berlibur dengan santai dan tidak direpotkan dengan hal-hal lain, salah satunya terkait transaksi.

Bacaan Lainnya

Bagi Anda yang ingin berlibur ke luar negeri, Anda dapat lebih mudah melakukan transaksi dengan fitur global wallet.

Kini, beberapa negara juga sudah mulai menerapkan sistem cashless. Jadi, dengan fitur global wallet, Anda tidak perlu bolak-balik ATM untuk mengambil uang.

Lalu, bagaimana dengan uang tunai? Sebenarnya, menyiapkan uang tunai tetap perlu, mengingat terkadang di beberapa tempat atau destinasi belum menyediakan transaksi cashless.

Jadi, kalau berlibur ke luar negeri, bawa uang tunai atau cashless dengan global wallet? Mari simak pembahasan persiapan uang liburan berikut ini.

Berlibur ke Luar Negeri, Bawa Uang Tunai atau Cashless?

Anda mungkin masih bingung, lebih baik membawa uang tunai atau menyiapkan transaksi cashless, seperti kartu kredit atau kartu debit.

Tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan tersebut. Namun, hal ini bisa ditentukan dengan beberapa pertimbangan.

Apabila Anda berlibur ke luar negeri dalam waktu yang singkat, maka tidak ada salahnya membawa uang tunai.

Tetapi, pastikan Anda sudah melakukan penukaran valuta asing sebelumnya ya, jadi tidak perlu repot saat sudah berada di luar negeri.

Sebaliknya, jika Anda ingin lebih lama menetap di luar negeri, maka akan lebih baik menggunakan cashless.

Mengapa begitu? Nah, bayangkan saja jika Anda harus menyiapkan uang tunai yang digunakan untuk waktu lama, berapa uang yang harus dibawa?

Dengan membawa banyak uang tunai, ada beberapa risiko yang perlu diperhatikan. Pertama, risiko kehilangan akan lebih tinggi.

Kedua, apabila uang yang Anda siapkan tiba-tiba habis atau terpakai dalam keadaan darurat, maka akan kebingungan bukan?

Karena itulah, menyiapkan alat transaksi cashless rasanya cukup dibutuhkan di era cashless society seperti sekarang. Terlebih, telah banyak fitur yang dapat memudahkan Anda dalam bertransaksi secara cashless.

Tips Transaksi Cashless dengan Mudah di Luar Negeri

Membawa uang tunai saat ke luar negeri rasanya memang lebih mudah jika Anda belum terbiasa dengan sistem cashless.

Padahal, Anda dapat traveling anti worry dengan cashless. Tidak percaya? Mari ikuti beberapa tips berikut ini.

  1. Membiasakan Bertransaksi dengan Kartu

Jika Anda belum terbiasa bertransaksi secara cashless, maka kebiasaan ini dapat dimulai dari dalam negeri terlebih dulu.

Cobalah untuk menggunakan kartu kredit, kartu debit atau fitur QRIS saat sedang makan atau berbelanja. Karena kini, sebagian besar tempat makan, mall bahkan coffee shop di Indonesia telah menyediakan fitur pembayaran cashless.

Selain itu, Anda juga bisa membiasakannya dengan membeli tiket pesawat atau booking hotel dengan kartu sebagai alat transaksinya.

Dengan begitu, Anda akan terbiasa menggunakan pe,bayaran elektronik dan lebih percaya diri saat ke luar negeri.

  1. Maksimalkan Fitur dan Aplikasi Smartphone

Mengingat kita sudah memasuki era digital sekaligus cashless society, sebagian besar aktivitas dapat dilakukan hanya melalui smartphone.

Misalnya, memesan hotel, penerbangan, kereta, hingga tiket tempat wisata dapat dilakukan melalui aplikasi secara online.

Begitu pun ketika Anda sedang berada di luar negeri, cobalah untuk memanfaatkan smartphone sebaik mungkin. Cari tahu aplikasi apa saja yang perlu disiapkan sejak sekarang.

  1. Menggunakan Kartu Kredit dan Debit

Nah, tips terakhir ini cukup penting untuk diperhatikan. Tidak semua kartu kredit atau kartu debit bisa digunakan untuk bertransaksi di luar negeri. Jadi, sebelum berangkat, pastikan Anda telah memiliki kartu transaksi yang dapat digunakan di luar negeri.

Itulah pembahasan persiapan uang liburan. Semoga bermanfaat! (006/BB)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait