7 Tips Liburan Akhir Tahun agar Tetap Hemat dan Seru

Penjelasan tips liburan
Tentukan sumber dana untuk liburan. Lebih baik gunakan dana simpanan yang selama ini dipersiapkan untuk liburan. Jangan memaksakan untuk menggunakan dana pinjaman. (Foto: Pin/sumbarfokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Ingin berlibur di akhir tahun tapi takut boros di awal tahun? Tenang, ada beberapa tips liburan akhir tahun agar tetap hemat yang bisa Anda terapkan. Meski begitu, tetap butuh persiapan matang supaya Anda bisa berlibur dengan nyaman.

Bacaan Lainnya

Jika ingin liburan hemat dan asik, maka salah satu caranya adalah membuat anggaran dana sedini mungkin, sehingga bisa meminimalkan pengeluaran-pengeluaran yang tidak terduga nantinya. Selain itu, masih banyak lagi tips yang bisa Anda terapkan. Simak penjelasan tips liburan akhir tahun berikut ini.

Tips Liburan Akhir Tahun agar Tetap Hemat

Momen liburan akhir tahun sering dimanfaatkan oleh orang-orang untuk menghabiskan waktu dengan keluarga atau teman dengan mengunjungi destinasi wisata tertentu, baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri.

Terlebih lagi, munculnya berbagai promo akhir tahun yang cukup menggoda bisa membuat rencana liburan akhir tahun semakin hemat. Namun, jangan hanya memanfaatkan promo, ada beberapa tips liburan akhir tahun lainnya yang bisa Anda terapkan agar tidak boros. Berikut masing-masing penjelasannya.

  1. Atur Jadwal Liburan

Tentukan tanggal liburan dan ajukan cuti ke atasan di kantor. Hindari memilih waktu berlibur saat akhir pekan karena tempat wisata pada akhir pekan lebih ramai dibanding hari biasa. Atur jadwal dari jauh-jauh hari agar Anda bisa menyiapkan keuangan dan akomodasi lebih awal.

  1. Pilih Tempat Liburan

Setelah ada kepastian tanggal cuti, tentukan tempat tujuan berlibur. Riset kecil-kecilan dengan bantuan Google untuk menentukan tempat liburan yang menyenangkan. Salah satu cara menikmati liburan akhir tahun agar lebih hemat adalah memilih destinasi wisata yang gratis. Misalnya mengunjungi Gardens By The Bay, Marina Bay Sands, dan Merlion Park di Singapura.

  1. Pilih Penginapan yang Terjangkau

Sebagai tips liburan akhir tahun saat memilih penginapan, sebaiknya bandingkan harga hotel, apartemen, atau rumah sewa yang sesuai dengan budget Anda. Kini, sudah tersedia berbagai situs web atau aplikasi penyewaan hotel dan dilengkapi harga sekaligus.

Jika ingin lebih hemat, sebenarnya Anda bisa memilih hostel alih-alih hotel. Pasalnya, hostel menawarkan harga yang jauh lebih terjangkau. Terlebih lagi, bila Anda akan lebih banyak menghabiskan waktu di luar penginapan, maka memilih hostel bisa menjadi pertimbangan agar lebih hemat.

  1. Tentukan Biaya dan Sumber Dana

Tentukan sumber dana untuk liburan. Lebih baik gunakan dana simpanan yang selama ini dipersiapkan untuk liburan. Jangan memaksakan untuk menggunakan dana pinjaman karena malah akan menjadi beban di kemudian hari.

  1. Jaga Kesehatan

Tips liburan akhir tahun berikutnya adalah tetap menjaga kesehatan tubuh menjelang dan selama liburan. Hal ini bisa dilakukan dengan minum air putih dengan cukup, menjaga pola makan dan minum, serta melakukan olahraga ringan.

Sayang sekali bukan jika liburan yang sudah disiapkan jauh-jauh hari harus gagal karena kesehatan tubuh yang tidak mendukung. Karena itu, jangan biarkan rencana liburan Anda sia-sia dan pastikan menjaga kesehatan agar liburan semakin menyenangkan.

  1. Persiapkan Budget dengan Matang dan Cermat

Susun budget dengan matang dan cermat. Alokasikan anggaran liburan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan seperti untuk penginapan, transportasi, makan, tiket masuk tempat wisata, dan oleh-oleh.

Agar persiapan biaya liburan lebih matang, Anda bisa mulai menabung dari jauh-jauh hari. Meski belum menentukan tujuannya, setidaknya tentukan dulu maksimal budget yang Anda alokasikan untuk berlibur.

Dengan menentukan budget lebih awal, maka Anda akan lebih mudah menentukan destinasi liburan akhir tahun sesuai dengan budget.

  1. Manfaatkan Promo dan Diskon

Cari tahu promo dan diskon yang ditawarkan oleh tempat wisata, penginapan, atau maskapai penerbangan. Hal ini dapat membantu menghemat pengeluaran selama liburan. Apalagi menjelang akhir tahun biasanya harga transportasi cukup fantastis, bukan?

Jika akan menggunakan pesawat, sebaiknya Anda melakukan early booking. Tips ini bisa menghemat budget hingga 15–35% loh! Melalui early booking, Anda juga bisa menyesuaikan dengan waktu diskon atau flash sale.

Berbicara mengenai libur di akhir tahun, Singapura hingga saat ini masih menjadi salah satu rekomendasi liburan akhir tahun yang digemari oleh banyak turis, termasuk Indonesia.

Itulah penjelasan tips liburan akhir tahun. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait