Pemkab Pasbar Gelar Upacara Peringatan ke-78 Hari Kemerdekaan RI

Pengibaran Sang Saka Merah Putih oleh Paskibraka Pasaman Barat 2023 dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-78, di halaman Kantor Bupati setempat, Kamis (17/8/2023). (Foto: WISNU A. UTAMA/sumbarfokus.com)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, yang ke-78,
Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), menggelar upacara pengibaran Sang Merah Putih yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Pasaman Barat, Kamis (17/8/2023).

Bacaan Lainnya

Upacara diikuti oleh seluruh unsur Forkopimda, organisasi wanita, organisasi masyarakat, parpol, bundo kanduang, ASN, THL, mahasiswa, dan beberapa pelajar serta stakeholder terkait lainnya.

Peringatan tersebut berjalan khidmat, diiringi dengan pengibaran Sang Saka Merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Pasaman Barat 2023.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara,Bupati Hamsuardi, pembacaan teks Proklamasi dilakukan oleh Ketua DPRD Pasaman Barat Erianto, dan Komandan Upacara oleh Kasat Reskrim Polres Pasaman Barat, AKP Fahrel Haris, sedangkan pembawa baki bendera, Shopy Gustiara, berasal dari SMA Negeri 2 Pasaman.

Kemudian, Pengibar Bendera Pusaka adalah Muhammad Zazki, dari SMA Negeri 2 Kinali, Dika Nugraha Pratama dari SMA Negeri 1 Lembah Melintang dan Septiano Davan Adi Ananta dari SMA Negeri 1 Luhak Nan Duo.

Setelah memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tersebut, dilakukan penyerahan remisi terhadap 70 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas III Talu, dilakukan secara simbolis kepada dua orang warga binaan.

Adapun rincian remisi, laki-laki sebanyak 69 orang, dan perempuan satu orang. Sementara, yang memperoleh remisi satu bulan sebanyak 27 orang, remisi dua bulan sebanyak 17 orang dan remisi tiga bulan sebanyak 22 orang. Selanjutnya, yang memperoleh Remisi empat bulan sebanyak tiga orang dan langsung bebas satu bulan sebanyak satu orang.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan pemberian hadiah kepada Hendri dari DPPKBP3A Kabupaten Pasaman Barat, atas pengkhatam Al-Qur’an terbanyak — enam kali khatam — selama Ramadan 1444 H/2023 M, dengan hadiah sejumlah uang tunai dan bonus umroh ke tanah suci.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan CSR dari Bank Nagari sebanyak Rp110 juta, bantuan beasiswa di bidang pendidikan, dan dividen tahun buku 2022 Kabupaten Pasaman Barat Senilai Rp8.973.040.033.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan Satya Lencana kepada 15 Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau pejabat Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat. Adapun penerima Satya Lencana 30 tahun yakni Jhon Edwar, Animar, ATRI Mulinda, Dewi Indriani Djusair, Tri Rahayu.

Sedangkan penerima Satya Lencana 20 tahun yakni Ikhwandri, Alpian, Ayat Rahadian, Linda Kurniawati, dan Armawati. Penerima Satya Lencana 10 tahun yakni Riko Anjuja, Irmaretati, Yuzerizal, Serly Yulia Fitri, dan Fajri Rozehan Alam.

Kegiatan juga dimeriahkan oleh penampilan Polisi Cilik (Pocil) binaan Polres Pasaman Barat dan pelepasan Pawai Alegoris dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia oleh Bupati Hamsuardi dan didampingi Wakil Bupati Risnawanto dan Forkopimda. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait