Peningkatan Kapasitas Anggota, DPRD Padang Gelar Bimtek di Batam

DPRD Kota Padang melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) di Batam, Rabu (7/6/2023). (Foto: Ist.)

BATAM (SumbarFokus)

Untuk meningkatkan Kapasitas Pimpinan dan Anggota Dewan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) di Batam, Rabu (7/6/2023).

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani mengatakan, bahwa kegiatan Bimtek dimulai hari ini, dan berlangsung selama tiga hari di Batam, dengan pemateri dari Universitas Ibnu Sina Batam.

“Bimtek kali ini bertujuan untuk pendalaman tugas pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang yang ketiga pada Tahun 2023,” terang Syafrial Kani.

Ia menambahkan, sebagai lembaga legislatif, DPRD memiliki tugas, peran dan tanggungjawab dalam menyukseskan pembangunan daerah serta meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa pelaksanaan Bintek pendalaman tugas pimpinan dan anggota DPRD ini sangat penting guna menambah wawasan dan pengetahuan bagi anggota DPRD,” ucapnya.

Dimaksud Syafrial Kani, agar pimpinan dan anggota DPRD memiliki pemahaman dan kemampuan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai perwakilan rakyat di lembaga legislatif.

“Tema yang diusung adalah ” Hak Keuangan dan Administratif Pimpinan dan Anggota DPRD Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2023 Serta Strategi Pemenangan Pemilu 2024″

Adapun nateri yang akan diberikan antara lain materi mrengenai sinkronisasi pengaturan hak keuangan dan administrasi pimpinan dan anggota DPRD dalam peraturan pemerintah nomor 1 tahun 2023.

Kemudian harmonisasi Pokir DPRD dengan arah kebijakan prioritas daerah dalam upaya menguatkan perencanaan pembangunan daerah dan reses DPRD sebagai wadah penyerapan aspirasi masyarakat dan strategi pemenangan Pemilu 2024.

“Ketiga materi ini sangat penting dan relevan dengan perkembangan kondisi pemerintahan Kota Padang saat ini dan suasa Pemilu yang akan datang. Sehingga tepat sekali jika materi-materi tersebut dibahas dalam kegiatan Bimtek,” ungkap Syafrial Kani.

Disampaikannya, bimtek juga upaya peningkatan kapasitas pimpinan dan anggota DPRD, guna mendukung peningkatan pengetahuan dan kinerja kita sebagai pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang.

“Kami berharap narasumber memberikan materi secara komprehensif. Sehingga menambah pemahaman dan pengetahuan kami,” tutur Syafrial Kani mengakhiri.

Kesempatan itu, Sekwan diwakili oleh Kabag Umum Sekr.DPRD Kota Padang, Rizal Febrinal mengatakan, tujuan dan manfaat bimtek ini agar pimpinan dan anggota DPRD mengetahui dan memahami peraturan perundang-undangan, terkait dengan tugas, fungsi dan wewenang.

“Selain itu, dengan Bimtek ini, agar pimpinan dan anggota DPRD memiliki pemahaman dan kemampuan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai perwakilan rakyat di lembaga legislatif,” harapannya. (000/UID-Sumbar)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait