Cara Menanam Tomat di Rumah untuk Pemula

Penjelasan cara menanam tomat
Lokasi terbaik untuk menanam tomat adalah yang paling banyak mendapatkan sinar matahari alias yang paling panas. (Foto: Pin/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Tomat adalah salah satu jenis tanaman yang cocok untuk Anda yang baru mulai berkebun, sebab, cara menanam tomat tidaklah terlalu rumit dan sulit.

Bacaan Lainnya

Anda bisa membudidayakanan tomat di polybag, pot, ataupun di tanah lapang. Tanaman ini juga cocok dibesarkan di Indonesia yang punya sinar matahari melimpah sepanjang tahun.

Ada banyak manfaat menanam pohon bagi kesehatan, termasuk tomat. Selain buahnya yang memang menyehatkan, kegiatan berkebun atau merawat tanaman juga baik untuk kesehatan fisik serta mental. Dengan berkebun, Anda pun jadi lebih banyak bergerak sehingga stres perlahan bisa hilang.

Ini penjelasan cara menanam tomat di halaman rumah tanpa polybag:

  1. Pilih benih tomat yang sehat

Agar budidaya tomat di rumah bisa lancar, pastikan Anda memilih benih tanaman tomat yang bagus. Anda bisa beli benih di toko atau membuat benih sendiri.

Kalau Anda memilih untuk membuat benih sendiri, berikut cara menanam tomat dari biji yang bisa dilakukan:

  • Pilih tomat yang bagus dan matang pohon
  • Potong tomat dan ambil bijinya lalu bersihkan dengan air hingga lendirnya hilang
  • Rendam biji-biji tersebut dalam air, lalu pilih biji yang tenggelam untuk dipakai sebagai bibit. Pastikan juga bentuk bijinya bagus dan sempurna (tidak keriput).
  • Keringkan biji dan simpan dalam wadah yang kering dan steril hingga waktunya menanam.
  1. Pilih lokasi yang tepat

Lokasi terbaik untuk menanam tomat adalah yang paling banyak mendapatkan sinar matahari alias yang paling panas. Jadi, pastikan Anda memilih lokasi yang tepat sebelum mulai menanam tomat di rumah.

Kalau sampai salah lokasi, tomat bisa saja tidak tumbuh dengan maksimal. Pasalnya, tanaman ini tidak terlalu suka dengan kondisi tanah dan lingkungan yang lembap.

  1. Perhatikan kedalaman penanaman benih

Cara menanam tomat yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah soal kedalaman tanah yang digunakan sebagai lokasi penanaman. Agar tanaman tomat bisa tumbuh dengan baik, tanam benih tomat dalamlubang dengan diameter kurang lebih 45 cm dengan kedalaman kurang lebih 30 cm.

  1. Jangan tanam tomat terlalu dekat

Kalau Anda menanam lebih dari satu benih, beri jarak antarbenih kurang lebih 60 cm. Jika terlalu dekat, pertumbuhan akarnya jadi tidak maksimal.

  1. Berikan penyubur tanaman

Agar tomat bisa tumbuh dengan baik, Anda juga perlu menambahkan penyubur ke tanah. Anda bisa pakai penyubur sintetik yang banyak dijual.

Sedangkan secara organik, Anda dapat memanfaatkan kulit telur yang sudah dihancurkan sebagai penyubur alami. Selain bisa memberikan nutrisi untuk tanah, kulit telur yang dihancurkan juga bisa mengusir hama.

  1. Waktu terbaik untuk menyiram tomat

Tanaman tomat sebaiknya tidak terlalu sering disiram. Soalnya, jika akarnya terlalu lembap atau basah, tanaman ini justru akan cepat rusak.

Idealnya, tomat yang belum berbuah bisa disiram tiga hari sekali. Setelah berbuah, frekuensi penyiraman bisa dikurangi.

Untuk memastikan tanah sudah bisa disiram, Anda bisa cek dengan memasukkan jari ke tanah. Kalau kering, maka sudah waktunya disiram.

  1. Gunakan penyangga saat tomat mulai tumbuh

Batang tanaman tomat tidak cukup kuat untuk menahan beban buahnya. Itu sebabnya, Anda perlu menyangganya dengan kayu atau pipa.

Tujuannya, agar buah tidak menyentuh tanah dan mencegahnya cepat busuk ketika berbuah nanti.

  1. Sebarkan mulsa di atas tanah

Mulsa atau mulch adalah material penutup permukaan tanah yang berfungsi untuk menjaga kelembapan tanah. Material ini juga berfungsi untuk mencegah pertumbuhan rumput liar yang bisa merusak tanaman.

Anda bisa sebarkan mulsa lima minggu setelah tanaman tomat pertama kali ditanam.

  1. Waktu panen tomat

Berapa lama tomat berbuah? Tomat biasanya bisa dipanen 60-100 hari setelah ditanam, tergantung jenisnya.

Pohon tomat dikatakan siap panen jika buahnya sudah berwarna setidaknya hijau kekuningan. Tepi daun yang menguning dan batang yang mulai kering juga tanda tomat siap panen.

Waktu terbaik untuk memetik tomat adalah saat pagi atau sore hari. Sebab, siang hari dipakai tanaman untuk melakukan fotosintesis. Kalau dipetik saat melakukan fotosintesis, tomat yang dipetik akan cepat layu.

Itulah penjelasan cara menanam tomat. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait