7 Hal yang Harus Dilakukan saat Erupsi Gunung Berapi

Penjelasan cara mengevakuasi diri
Untuk menghindari abu vulkanik yang masuk ke dalam tubuh, jangan lupa untuk tetap menggunakan masker atau kain basah untuk menutup mulut dan hidung. (Foto: Pin/sumbarfokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Letusan gunung berapi merupakan peristiwa yang terjadi akibat magma di dalam perut bumi yang keluar oleh gas yang bertekanan tinggi. Peristiwa ini berhubungan dengan naiknya magma putih dari dalam perut bumi.

Bacaan Lainnya

Erupsi gunung merapi merupakan salah satu bencana yang dapat menimbulkan dampak yang begitu luas, baik bagi kesehatan maupun lingkungan. Melihat hal tersebut maka penting bagi kita untuk melakukan kewaspadaan agar terhindar dari dampak yang ditimbulkan oleh letusan gunung berapi.

Salah satu cara cara untuk menghindari dampak letusan gunung api adalah dengan mengetahui apa saja yang harus dilakukan saat letusan gunung api terjadi sehingga kita dapat segera mengevakuasi diri secepat mungkin. Lebih lanjut, simak penjelasan cara mengevakuasi diri saat gunung merapi erupsi berikut ini.

Hal yang Harus Dilakukan saat Erupsi Gunung Api

Berikut ini adalah 7 hal yang harus dilakukan oleh setiap masyarakat saat terjadi letusan gunung api, diantaranya adalah:

  1. Tidak berada di lokasi yang direkomendasikan untuk dikosongkan.
  2. Tidak berada di lembah atau daerah aliran sungai.
  3. Hindari tempat terbuka dan lindungi diri dari abu letusan gunung api.
  4. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kacamata pelindung untuk melindungi penglihatan.
  5. Hindari kontak penggunaan lensa.
  6. Gunakan pakaian tertutup yang dapat melindungi tubuh seperti baju lengan panjang celana panjang dan juga topi.
  7. Untuk menghindari abu vulkanik yang masuk ke dalam tubuh, jangan lupa untuk tetap menggunakan masker atau kain basah untuk menutup mulut dan hidung.

Setelah mengetahui apa yang harus dilakukan saat erupsi gunung api pada poin di atas, diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik oleh masyarakat setiap yang terdampak erupsi gunung api, sehingga korban akibat paparan atau dampak erupsi gunung api dapat lebih diminimalisir.

Apabila mengalami luka selama masa evakuasi, segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat yang tidak terdampak agar bisa segera mendapatkan penanganan sedini mungkin dari petugas kesehatan.

Tidak lupa untuk tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat selama berada di posko pengungsian untuk menghindari potensi paparan penyakit ditengah para pengungsi.

Itulah penjelasan cara mengevakuasi diri saat gunung merapi erupsi. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait