6 Cara Sederhana Kurangi Limbah Makanan

Penjelasan cara mengurangi limbah
Makanan akan tahan lebih lama jika dibekukan. Oleh karena itu, jika Anda akan bepergian dalam waktu lama, ada baiknya membekukan semua makanan basah agar tetap bisa digunakan. (Foto: Pin/sumbarfokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Jika sampah makanan diibaratkan sebagai sebuah negara, mungkin luasannya bisa dibandingkan dengan Tiongkok atau Kanada. Selain besar secara luasan, negara itu juga bisa jadi negara penyumbang polusi karbon terbesar di dunia.

Bacaan Lainnya

Bagaimana tidak, mengingat banyaknya energi yang dibutuhkan guna menumbuhkan tumbuhan, beternak hewan,juga karbon yang terbuang akibat penyimpanan dan transportasi makanan. Sayangnya, semua energi itu, seringkali terbuang percuma karena tak termakan dan berakhir di tempat sampah.

Sebuah buku yang baru-baru ini diterbitkan berjudul ‘Waste-Free Kitchen Handbook’, menjelaskan cara praktis guna mengurangi sampah makanan.

Melansir laman Daily Meal, konsumen merupakan pihak yang paling bertanggungjawab atas menumpuknya sampah makanan. Pihak lain yang juga bertanggungjawab selain konsumen adalah jaringan supermarket, serta restoran.

Di luar itu, penulis buku tersebut, Dana Gunders menyimpulkan, jika konsumen bisa menghemat pembuangan sampah, terutama makanan, maka bukan tidak mungkin angka sampah makanan bisa ditekan.

“Saya terobsesi dengan sampah makanan, oleh karena itu saya menulis buku ini,” kata Gunders.

Lebih lanjut, menurut Gunders, kesalahan bukan pada teknik menyimpan makanan, melainkan keserakahan manusia. “Harus kita akui, kita kerap berbelanja terlalu banyak makanan, menyimpannya lama dan akhirnya kita buang karena kedaluarsa,” ujar dia.

Lalu, bagaimana cara mengurangi sampah makanan? Simak penjelasan cara mengurangi limbah makanan berikut ini.

Rencana

Langkah awal, menurut Gunders, adalah perencanaan yang matang. Akankah Anda masak setiap hari atau berniat makan di luar? Gunders mengatakan, sebaiknya hanya belanja ketika Anda ingin masak dengan jumlah secukupnya. Jika ingin menyimpan untuk stok, pastikan Anda mengetahui seberapa lama makanan tersebut akan tersimpan dan sesuaikan dengan tanggal kedaluarsa.

Rutin

Sering-seringlah membersihkan lemari es dan lemari makanan. Dengan demikian, Anda tahu bahan mana yang harus diprioritaskan untuk dikonsumsi atau dibeli. Jika Anda pergi ke supermarket tanpa mengecek makanan, bisa jadi, Anda membeli lebih banyak barang yang sama, dan kemungkinan besar akan menjadi sampah.

Kreatif

Bagi para penggemar kreasi kuliner, menciptakan menu kreatif dari bahan-bahan terbatas dalam lemari es bisa jadi pencapaian tersendiri. Tidak ada salahnya ‘berkonsultasi’ dengan internet guna mencari resep inovatif baru.

Tanggal Kedaluarsa

Tak perlu takut dengan tanggal kedaluarsa. Jika memang sudah lewat jauh dari tanggalnya, makanan tersebut memang bisa jadi racun. Namun, jika yang tertera di kemasan adalah ‘best before’ dan kemasan belum dibuka, maka makanan sebenarnya masih aman dikonsumsi.

Beku

Makanan akan tahan lebih lama jika dibekukan. Oleh karena itu, jika Anda akan bepergian dalam waktu lama, ada baiknya membekukan semua makanan basah agar tetap bisa digunakan.

Kompos

Jika sudah terlambat, jalan satu-satunya memang membuang makanan. Tapi, bukan sembarangan membuang. ‘Buang’ disini berarti membuat sisa makanan menjadi pupuk kompos yang bisa digunakan kembali untuk menyuburkan tanah.

Itulah penjelasan cara mengurangi limbah makanan. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait