Ketahui 10 Contoh Kerja Part time untuk Penghasilan Tambahan

Penjelasan contoh kerja
Contoh kerja part time selanjutnya adalah driver online, pekerjaan ini sangat cocok bagi yang suka berkelana dan mudah mengingat jalur-jalur baru. (Foto: Pin/sumbarfokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Ada banyak contoh kerja part time yang bisa dijajal oleh siapa pun. Tidak hanya mahasiswa atau generasi muda, aktivitas ini juga dapat dilakukan oleh semua kalangan bahkan seseorang yang sudah bekerja.

Bacaan Lainnya

Kerja part time adalah jenis pekerjaan yang umumnya memerlukan waktu yang lebih singkat dari jam kerja normal dan sering kali bersifat sementara.

Gaji yang diterima oleh pekerja part time biasanya dihitung berdasarkan waktu atau total jam kerja.

Seseorang yang mencari kerja part time memiliki berbagai tujuan, contohnya seperti mencari penghasilan tambahan, menabung, mengisi waktu luang, dan masih banyak lagi.

Jika Anda sedang mencari inspirasi contoh kerja part time yang bisa dilakukan, berikut beberapa rekomendasinya. Simak penjelasan contoh kerja part tima untuk penghasilan tambahan berikut ini.

Apa itu Pekerjaan Part time?

Kerja part time adalah salah satu bentuk pekerjaan tambahan yang berlangsung hanya dalam jangka waktu tertentu.

Biasanya, jam kerja pekerjaan part time sering kali dapat dilakukan pada akhir pekan dan berlangsung selama delapan jam per hari

Selain itu, gaji yang didapatkan dari part time dihitung berdasarkan tarif per jam, kemudian diakumulasikan berdasarkan jumlah hari kerja mereka.

Saat ini, contoh kerja part time sangat beragam, salah satu contohnya adalah pekerjaan online yang dapat dilakukan kapan dan di mana saja.

Dengan jadwal yang fleksibel, kerja part time sangat sesuai bagi mereka yang ingin penghasilan tambahan.

Contoh Kerja Part time

Saat ini, ada banyak perusahaan yang memberikan peluang bagi seseorang untuk bekerja part time.

Selain perusahaan, terdapat pula lowongan part time yang dapat dilakukan sendiri, sesuai dengan skill atau keahlian Anda miliki.

Oleh karena itu, berikut ini beberapa contoh kerja part time yang bisa Anda coba.

  1. Transcriber

Contoh kerja part time yang pertama adalah dengan menjadi transcriber. Seorang transcriber bertugas mendengarkan audio atau video kemudian menulis isi pembicaraannya.

Meskipun pekerjaan ini mungkin terlihat membosankan, namun bayaran yang diterima bisa bisa cukup besar, terutama jika terfokus pada bidang kesehatan atau hukum.

Selain itu, yang terpenting adalah jam kerjanya dapat disesuaikan sehingga Anda dapat lebih fleksibel mengatur jadwal kerjanya.

  1. Fotografer

Contoh kerja part time ini sangat sesuai buat Anda yang memiliki minat dalam bidang fotografi.

Dalam dunia fotografi, terdapat banyak peluang yang bisa dilakukan mulai dari menjadi fotografer pernikahan, studio, prewedding, dan lainnya.

Pendapatan dari part time sebagai fotografer bisa cukup menguntungkan, serta waktu kerjanya juga dapat disesuaikan dengan jadwal Anda.

  1. Freelancer Writer

Freelancer writer adalah salah satu contoh kerja part time yang menjanjikan dan bisa dilakukan di rumah.

Namun, untuk melakukan pekerjaan ini, Anda harus memiliki keterampilan menulis yang baik.

Saat ini, banyak perusahaan yang sedang mencari penulis lepas untuk membuat konten, mulai dari artikel, caption media sosial, hingga ulasan produk.

  1. Virtual Assistant

Buat Anda yang tertarik untuk mencari kerja part time online menjadi virtual assistant adalah pilihan tepat.

Seorang virtual assistant memiliki tanggung jawab seperti asisten pribadi, tetapi dapat dilakukan secara online tanpa harus hadir di kantor.

Pekerjaan sebagai virtual assistant memiliki berbagai tugas, seperti mengelola jadwal, mengurus email, mengelola akun, media sosial, dan lainnya.

Jika Anda memiliki banyak waktu luang, contoh kerja part time ini sangat cocok untuk dipertimbangkan.

  1. Tutor

Menjadi tutor adalah salah satu contoh kerja part time yang bisa dilakukan jika Anda memiliki keterampilan mengajar dan menguasai berbagai mata pelajaran.

Selain menawarkan penghasilan yang menjanjikan, menjadi tutor juga memberikan fleksibilitas dalam mengatur jadwal atau waktunya.

Sehingga, Anda bisa melakukannya ketika ada waktu luang atau saat libur.

  1. Desain Grafis

Jika Anda memiliki keahlian dalam menggunakan beberapa aplikasi desain seperti Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator, maka menjadi desain grafis adalah pilihan tepat.

Pasalnya, pekerjaan part time di bidang desain grafis saat ini banyak dicari oleh perusahaan yang ingin membuat logo, pamflet, spanduk, atau bahkan konten animasi.

Untuk memulainya, Anda bisa membuat portofolio berdasarkan proyek yang pernah dikerjakan sebelumnya, sehingga klien akan semakin percaya.

  1. Asisten Peneliti

Jika Anda adalah seorang mahasiswa dan berhubungan baik dengan salah satu dosen di kampus, tidak ada salahnya mencoba untuk menjadi asisten peneliti.

Sebagai asisten peneliti, Anda akan melakukan aktivitas seperti pengumpulan dan analisis data, dan persiapan materi untuk proyek penelitian yang sedang dikerjakan.

Selain itu, Anda akan menjalankan tugas-tugas yang diperlukan untuk mendukung kepentingan penelitian tersebut.

  1. Barista

Penjelasan contoh kerja part time yang bisa Anda coba selanjutnya adalah barista. Barista adalah salah satu contoh kerja part time sabtu minggu yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan.

Seorang barista bertanggung jawab untuk membuat kopi dan minuman lainnya sesuai dengan menu yang telah disiapkan.

Pekerjaan part time membutuhkan keterampilan dalam menyajikan minuman dengan baik dan berinteraksi dengan pelanggan.

Menjadi barista adalah pilihan tepat karena memiliki waktu kerja yang fleksibel sehingga dapat disesuaikan dengan jadwal Anda.

  1. Driver Online

Contoh kerja part time selanjutnya adalah driver online, pekerjaan ini sangat cocok bagi yang suka berkelana dan mudah mengingat jalur-jalur baru.

Selain penghasilan yang cukup besar, pekerjaan ini juga memiliki fleksibilitas waktu, sehingga Anda dapat menjalankannya sesuai keinginan.

  1. Penerjemah

Buat Anda yang memiliki keahlian dalam berbahasa asing, menjadi penerjemah adalah salah satu contoh kerja part time yang dapat dipilih.

Selain mendapatkan penghasilan tambahan, Anda juga memiliki kesempatan untuk mengasah kemampuan bahasa asing dengan menerapkannya secara langsung.

Biasanya, tugas utama pekerjaan part time ini adalah menerjemahkan artikel, dokumen, website, hingga video atau film.

Itulah penjelasan contoh kerja part time. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait