Jenis-Jenis Plot Twist

Penjelasan jenis plot twist
Plot twist klasik merupakan jenis perubahan alur yang telah dilibatkan atau diperlihatkan di awal atau sepanjang cerita. (Foto: Pin/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Plot twist diklasifikasikan berdasarkan letaknya dalam cerita di antaranya sebagai berikut. Simak penjelasan jenis plot twist berikut ini.

Bacaan Lainnya
  1. Plot twist Klasik

Plot twist klasik merupakan jenis perubahan alur yang telah dilibatkan atau diperlihatkan di awal atau sepanjang cerita. Ia telah disebutkan atau diprediksi sejak awal cerita, tetapi dibuat seolah tidak mudah ditangkap dan disadari oleh pembaca, penonton, atau pendengar.

Peluang keberhasilan twist jenis ini bergantung dengan perencanaan yang cermat serta eksekusi yang tepat dan jelas. Ia akan muncul kembali di akhir cerita dengan memperjelas maksud dari plot twist yang dibuat oleh penulis atau produser film.

Umumnya, pembaca, pendengar, atau penonton akan mengetahui karakter asli dari tokoh yang sedang diceritakan. Mereka akan menyadari inti dari kisah yang diceritakan. Hal tersebut yang membuat pembaca, pendengar, atau penonton akan terus mengikuti alur cerita dapat memastikan atau menduga alur twist yang dimaksud penulis sejak awal.

  1. Plot twist Tengah

Plot twist tengah merupakan jenis perubahan alur yang diletakkan di tegah-tengah cerita. Perannya hanya mengubah arah atau perspektif plot karena ia dilibatkan dalam struktur cerita. Umumnya, penulis akan menyajikan alur dan sifat tokoh yang cukup terpercaya.

Pengaturan tokoh yang seperti itu akan membuat pembaca percaya dengan alur dan sifat tokoh yang dikonstruksikan oleh penulis. Namun, di tengaj-tengah cerita, pembaca, pendengar, atau penonton akan menyadari bahwa selama ini karakter tokoh yang dipikirkan berubah atau bertolak dengan apa yang dipikirkan selama proses membaca, mendengar, atau menonton cerita. Jenis plot twist ini banyak digunakan oleh penulis untuk membuat kisah cerita semakin menarik dan seru.

  1. Plot twist Ganda

Plot twist ganda biasanya muncul sebanyak dua kali dalam alur. Pembaca, pendengar, atau penonton biasanya akan paham dan mulai menebak arah cerita. Namun, alur tersebut hanya akan mengarahkan mereka ke twist yang kedua.

Plot twist jenis ini lebih sulit dieksekusi karena harus menghubungan antara dua twist yang saling bertolak belakang. Namun, hal ini cukup efektif untuk memperdaya pembaca, pendengar, atau penonton dalam menebak alur cerita.

Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis plot twist.

  1. Anagnorisis atau Pengungkapan

Plot twist jenis anagnorisis mengarahkan pembaca untuk merasa ragu dan akhiirnya menimbulkan atau memunculkan pertanyaan. Umumnya, teknik ini akan menyebabkan adanya perubahan dari alur. Teknik ini juga memungkinkan karakter atau tokoh untuk melakukan tindakan-tindakan yang tidak terduga sebelumnya.

  1. Discovery

Discovery merupakan ragam plot yang berputar dari cerita sebelumnya. Misalnya, tokoh protagonis dalam cerita telah menemukan fakta yang mengejutkan dan tidak pernah diduga sebelumnya.

Biasanya, teknik penyampaian ini disertai dengan gaya bahasa persuasif. Ia akan menggiring penonton, pendengar, atau pembaca untuk menyepakati pendapat dari karakter utama yang ada dalam cerita tersebut.

  1. Unreliable Narrator

Unreliable narrator merupakan teknik membuat plot twist dengan memanipulasi cerita sehingga pembaca akan tersesat dalam alur cerita. Teknik ini digunakan untuk membuat pembaca, pendengar, atau penonton untuk terus menebak-nebak jalan cerita. Sehingga, harapannya pembaca akan mengikuti cerita sampai akhir.

  1. Non-linear Narrative

Non-linear narrative menerapkan prinsip menyajikan cerita secara acak atau tidak berurutan sesuai dengan kronologi. Tujuannya agar pembaca menyatukan berbagai kepingan yang hilang secara mandiri.

Biasanya pembaca, pendengar, atau penonton akan mengaitkan secara mandiri kepingan-kepingan tersebut sehingga dapat memahami dan mengerti isi cerita. Biasanya twist akan muncul ketika semua kepingan telah dikumpulkan sampai mencapai klimaks.

Anda juga dapat menemukan banyak plot twist pada buku Cantik itu Luka. Anda dapat memperolehnya melalui toko buku atau dengan mengklik sampul buku atau kolom “beli sekarang” di bawah ini.

  1. Deus ex Machina

Deus ex Machina memunculkan twist dengan menghadirkan karakter, kemampuan, alat baru, atau peristiwa yang mampu menyelesaikan berbagai masalah yang seolah-olah tidak bisa dipecahkan secara tiba-tiba. Penonton, pembaca, atau pendengar akan terkejut karena tiba-tiba masalah selesai dan terpecahkan dengan cara yang tidak pernah disangka sebelumnya.

Jenis twist ini juga dapat menceritakan masalah yang sebenarnya tidak dapat diselesaikan dari awal hingga akhir. Namun, ternyata dapat diselesaikan di akhir oleh satu karakter dengan cara yang tidak terduga dan diselesaikan dengan mudah.

  1. Red Herring

Red hiring merupakan jenis pengubahan alur cerita dengan mengalihkan perhatian penonton. Caranya dengan menyesatkan audien. Ia biasanya memberikan petunjuk yang salah di awal cerita agar penonton, pembaca, atau pendengar terkecoh.

  1. Chekhov’s Gun

Chekov’s Gun menekankan pada tokoh, karakter, atau objek yang dianggap tidak berguna di awal cerita. Namun, ia sebenarnya berperan penting dalam cerita. Misalnya mampu menyelesaikan masalah, dalang dari sebuah peristiwa, dan sebagainya.

Itulah penjelasan jenis plot twist yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait