Plot Twist: Pengertian dan Bentuk-Bentuknya

Penjelasan pengertian plot twist
Plot twist adalah sebuah alur cerita yang memanipulasi para penonton. Tujuannya agar alur cerita yang dibuat oleh narator tidak sesuai dengan prediksi penonton. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Simak penjelasan pengertian plot twist dan bentuk-bentuknya berikut ini.

Bacaan Lainnya

Apa Itu Plot twist?

Sebelum mengetahui berbagai macam jenis plot twist, mari kita simak pengertiannya terlebih dahulu. Dijelaskan dalam e-Jurnal Pembuatan Film Fiksi dengan Plot twist Unreliable Narrator Berjudul Methink oleh Theresia Indy Widowati, plot twist adalah sebuah alur cerita yang memanipulasi para penonton. Tujuannya agar alur cerita yang dibuat oleh narator tidak sesuai dengan prediksi penonton.

Menurut Halim (2017), pada umumnya karya yang menggunakan plot twist memiliki kekuatan dalam plot serta dialog tokoh utama (narator), sehingga seakan-akan menggiring penonton ke sebuah jalan. Akan tetapi, pada akhir alur cerita semua nampak berbeda.

Fungsi dari plot twist dalam alur cerita adalah agar dapat menggiring penonton untuk melihat film sampai selesai. Sesuai namanya, plot twist merupakan kata dalam bahasa Inggris yang jika diterjemahkan artinya kejutan dalam cerita.

Bentuk-bentuk Plot twist Secara Umum

Pada umumnya plot twist terbagi menjadi beberapa bentuk. Apa saja bentuk-bentuk dalam plot twist? Simak berikut ini:

  1. Pengungkapan (Anagnorisis)

Pengungkapan atau anagnorisis merupakan bentuk plot twist yang memberikan pembaca informasi baru untuk menciptakan suspense dan menimbulkan pertanyaan. Teknik ini dapat merubah plot dan sering kali mendorong karakter untuk melakukan suatu tindakan.

  1. Unreliable Narrator

Bentuk plot twist ini menjelaskan bahwa narator cerita selama ini memanipulasi cerita dan memberikan informasi menyesatkan kepada pembaca. Teknik ini digunakan untuk menciptakan suspense, sehingga pembaca terus menebak alur ceritanya.

  1. Discovery

Bentuk plot twist discovery merupakan sebuah situasi di mana sosok aktor protagonis di dalam cerita telah berhasil mendapat fakta-fakta mengejutkan. Agar semakin menarik penonton, aktor tersebut menyampaikannya dalam gaya bahasa yang persuasif.

  1. Red Herring

Bentuk plot twist yang terakhir adalah red herring, di mana alur cerita ini mengalihkan perhatian penonton dengan cara menceritakan suatu hal yang tidak tepat. Cara ini dilakukan agar penonton sudah terkecoh sejak film dimulai, hingga akhirnya baru menyadari saat film sudah selesai.

Itulah penjelasan pengertian plot twist dan bentuk-bentuknya. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait