6 Makanan Ini Ampuh Atasi Jet lag saat Perjalanan Jauh

Penjelasan makanan atasi jet
Jahe menjadi suplemen wajib saat bepergian karena membantu meredakan mual, mabuk perjalanan, dan dapat mengatasi sakit perut. (Foto: Pin./sumbarfokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Jet lag merupakan resiko yang harus dihadapi apabila melakukan perjalanan jauh. Jet lag atau perasaan lelah dan kebingungan setelah perjalanan panjang dengan melintasi beberapa zona waktu menggunakan pesawat terbang membuat kita kurang nyaman.

Bacaan Lainnya

Kesulitan tidur karena jat lag yang terus-menerus akan berdampak buruk terhadap suasana hati dan kesehatan tubuh. Tak perlu begitu khawatir karena ada makanan yang mampu mengatasi jet lag secara alami dan membantu mengembalikan ke ritme tidur yang sehat selama perjalanan. Makanan apa saja? Simak penjelasan makanan atasi jet lag berikut ini.

  1. Pisang

Pisang adalah makanan ringan yang sehat dan mudah dibawa atau ditemukan saat bepergian ke mana pun. Buah ini dapat mengatasi jet lag atau perasaan lelah setelah perjalanan panjang. Kandungan magnesium dan kalium dalam pisang adalah elektrolit yang dapat menyeimbangkan garam dalam tubuh dan membantu tubuh menjadi rileks sebelum tidur di malam hari.

  1. Kiwi

Buah kecil merupakan salah satu buah dengan rasa segar dan bergizi untuk tubuh. Menurut Daily Mail, mengonsumsi satu buah kiwi sehari berdampak terhadap peningkatan tidur.

Kiwi mengandung serotonin, salah satu hormon “bahagia”, dan tubuh dapat mengubah serotonin menjadi melatonin yang membantu mengatur siklus tidur. Jika Anda sedang melakukan bepergian, kiwi menjadi buah wajib yang harus Anda konsumsi untuk menghilangkan jet lag.

  1. Jahe

Jahe menjadi suplemen wajib saat bepergian karena membantu meredakan mual, mabuk perjalanan, dan dapat mengatasi sakit perut. Jahe juga mengandung melatonin, dengan meminum teh jahe atau camilan manisan jahe sebelum tidur dapat meningkatkan daya tahan tubuh saat mengalami jet lag.

  1. Ceri

Dalam sebuah wawancara dengan Daily Mail, ahli gizi Lily Soutter mencatat bahwa ceri tart adalah satu-satunya sumber makanan alami melatonin yang merupakan hormon alami yang mengatur ritme sirkadian dan dapat membantu tertidur dengan nyenyak saat mengalami jet lag.

  1. Goji Berry

Jangan salah, goji berry ternyata memiliki segudang manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Goji berry ampuh dalam mengatasi jet lag dan membantu tidur dengan nyenyak.

Beberapa studi menggunakan jus goji berry untuk menemukan kemungkinan manfaat yang mencakup perasaan senang dan ketenangan. Tidak hanya itu, goji berry juga ampuh mengembalikan energi yang terkuras saat perjalanan yang panjang.

  1. Biji Cumin atau Jintan

Biji cumin mungkin hanya bumbu sederhana, tetapi kekuatannya dalam mengalahkan jet lag tidak dapat diragukan lagi. Biji cumin digunakan sebagai obat penenang dalam pengobatan Ayurveda selama bertahun-tahun, dan dikenal sangat menenangkan dan merangsang tidur. Anda dapat dengan mudah membuat biji cumin menjadi teh yang gurih dan beraroma dengan mengaduknya ke dalam air hangat, tetapi Anda juga dapat mengonsumsinya dalam hidangan kari.

Itulah penjelasan makanan atasi jet lag. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait