Apa Manfaat Angin?

Penjelasan manfaat angin
Ilustrasi. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Secara umum, keberadaan angin juga memberikan banyak manfaat lain. Angin adalah salah satu jenis energi terbarukan yang kerap dijadikan sebagai alternatif dari sumber energi tak terbarukan. Oleh karena itu, energi angin dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis kebutuhan manusia hingga pada akhirnya dapat menunjang aktivitas atau keseharian masyarakat.

Bacaan Lainnya

Hingga saat ini, pemanfaatkan energi terbarukan seperti angin juga sudah begitu berkembang. Di bawah ini adalah penjelasan manfaat angin dalam kehidupan sehari-hari.

Sumber Pembangkit Listrik Tenaga Angin

Tahukah kalian jika manfaat yang pertama dari sumber energi jenis angin adalah untuk pembangkit listrik. Pemanfaatan energi angin ini memang sudah lama diterapkan. Bahkan pada abad ke-7 SM di Persia masyarakatnya sudah memanfaatkan energi angin.

Sampai saat ini, angin memang masih kerap dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik yang bisa menggantikan energi listrik tak terbarukan. Dari dulu hingga saat ini jumlah negara yang sudah memanfaatkan energi angin adalah dengan bantuan kincir angin.

Beberapa negara juga sudah menggunakan turbin angin atau kombinasi antara turbin angin dengan kincir angin. Di Indonesia sendiri saat ini sudah ada sekitar 4 lokasi Pembakit Listrik Tenaga Bayu atau Angin.

Dimana angin bisa menghasilkan suatu energi mekanik yang selanjutnya akan memberikan tenaga listrik. Tenaga listrik tersebut dapat dimanfaatkan untuk membantu beberapa jenis benda elektronik, menyalakan lampu dan berbagai fungsi lainnya.

Nelayan

Manfaat energi angin yang selanjutnya adalah dapat mendukung jenis pekerjaan manusia seperti nelayan ketika akan melaut maupun ingin mendarat dari luar ke arah daratan. Sebelumnya telah dijelaskan bagaimana cara kerja angin darat dan angin laut ketika dimanfaatkan oleh para nelayan.

Nelayan menggunakan perahu ataupun kapal sebagai moda transportasi yang berguna untuk membantu menangkap ikan, udang dan hasil laut lainnya. Berbagai jenis perahu atau kapal juga kerap digunakan oleh  para nelayan. Bukan hanya perahu mesin saja, namun perahu dayung maupun perahu angin juga kerap digunakan oleh para nelayan.

Adanya angin akan membantu para nelayan untuk menghemat tenaganya ketika akan melaut maupun mendarat. Selain itu angin yang berhembus kencang juga bisa memangkas waktu lama bagi para nelayan untuk ke tempat tujuan.

Pesawat

Bukan hanya bisa digunakan untuk sumber pembangkit listrik serta memudahkan aktivitas para nelayan saja. Namun energi angin juga begitu bermanfaat bagi dunia penerbangan lho. Tahukah kalian jika pesawat tidak akan terbang dengan begitu lancar dan seimbang tanpa adanya bantuan angin.

Baik itu ketika pesawat sedang lepas landas maupun  ketika mendarat, pesawat selalu membutuhkan angin yang cukup guna dapat melakukan pendaratan ataupun take off dengan mulus. Selama di udara, pesawat juga membutuhkan angin agar bisa lebih menghemat bahan bakar serta bergerak seimbang.

Angin yang berhembus di ketinggian akan dapat mendorong badan pesawat hingga menjadikannya mengalami penerbangan yang begitu mulus dan cenderung hemat tempat. Hal ini juga dapat menghemat bahan bakar milik pesawat tersebut.

Selain itu, angin juga dapat menjaga badan pesawat tetap dalam kondisi seimbang. Keseimbangan tersebut juga akan meminimalisir terjadinya resiko kecelakaan serta mampu menjaga mesin pesawat tetap dalam kondisi prima karena tidak perlu lagi bekerja terlalu keras.

Mendukung Olahraga Paralayang

Energi angin juga dapat dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan olahraga tertentu seperti terjun payung, gantole, paralayang dan lain sebagainya. Olahraga angin memang begitu mengandalkan dukungan angin.

Dimana angin dapat memberikan manfaat bagi para pelaku olahraga jenis ini untuk bisa membantu menentukan arah. Dengan bantuan angin para olahragawan dapat melakukan belokan maupun lurus di udara ke titik yang diharapkan.

Kekuatan angin juga dapat mendukung proses landing maupun daratan yang begitu mulus. Oleh karena itu olahraga angin seperti paralayang juga sangat perlu memperhatikan faktor cuaca. Tanpa adanya dukungan angin tentunya olahraga angin akan cukup susah untuk dilakukan. Meski begitu, ketika angin berhembus terlalu kencang, maka resiko kecelakaan juga akan meningkat.

Menentukan Musim

Energi angin juga bisa membantu menentukan ataupun memprediksi musim. Meski tidak 100 persen benar, tetapi dengan bantuan ilmu pengetahuan mengenai angin yang dilihat dari pergerakannya benar bisa membantu memprediksi musim yang ada di dunia termasuk Indonesia.

Sebagai contohnya ketika Indonesia dikelilingi oleh angin muson barat yang mulai mengalir dari Asia atau musim dingin ke Australia atau musim panas. Dimana angin muson barat memiliki kandungan curah hujan yang begitu tinggi sehingga dapat menghasilkan musim hujan yang dilintasinya.

Bukan hanya dari angin saja, namun  memprediksi musim juga bisa memanfaatkan perhitungan matahari. Dan hal ini menjadi salah satu contoh pemanfaatan energi matahari.

Membantu Para Petani Garam

Indonesia adalah salah satu negara pengimpor garam. Padahal kita juga tahu jika petani garam yang ada di Indonesia jumlahnya cukup banyak. Secara umum para petani garam akan memanfaatkan bantuan tenaga angin untuk menaikkan air laut ke daratan yang sebelumnya hanya memanfaatkan pompa.

Proses Penyerbukan Tanaman

Banyak sekali tanaman yang dalam proses pembuahan generatifnya membutuhkan bantuan angin. Hal tersebut juga kerap dimanfaatkan oleh para petani perkebunan dalam proses penyerbukan tanaman.

Itulah penjelasan manfaat angin. Semoga penjelasan manfaat angin dalam kehidupan sehari-sehari ini dapat bermanfaat ya! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait