Perbedaan Angin Darat dan Angin Laut, Ketahui Karakteristiknya

Penjelasan Perbedaan Angin
Ilustrasi. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Dilihat dari pengertian dan proses terjadinya, baik itu angin darat maupun angin laut keduanya memiliki perbedaan yang cukup menonjol. Namun, sebenarnya bukan hanya dari segi tempat dan waktu terjadinya kedua jenis angin lokal itu saja untuk dapat melihat perbedaannya.

Bacaan Lainnya

Akan tetapi, ada beberapa perbedaan lain yang dimiliki oleh angin darat dan angin laut. Lalu apa saja perbedaan dari angin darat dan angin laut? Berikut adalah penjelasan perbedaan angin darat dan angin laut.

  1. Kecepatan dan Kedalaman Angin

Kecepatan yang dimiliki oleh angin darat adalah sekitar 5 hingga 8 knots atau setara dengan 9,26 kph (kilometer per jam) hingga 14,82 kph. Kecepatan tersebut ternyata jauh lebih lambat dibandingkan kecepatan angin laut yang berada di antara 10 hingga 12 knots atau sekitar 18,52 kph hingga 37,04 kph.

Kecepatan angin darat yang lebih lambat dari angin laut menjadikan angin darat kerap disebut sebagai angin lebih lemat. Sedangkan untuk kedalamannya, angin darat memang lebih dangkal dan untuk angin laut lebih dalam.

  1. Perbandingan Temperatur Udara

Ketika angin darat terjadi, suhu udara yang ada di daratan sekitar pesisir akan memiliki kondisi hampir sama den tak berubah. Namun, ketika angin laut sedang terjadi, suhu udara yang ada di wilayah laut cenderung lebih menurun sehingga menjadikannya lebih dingin. Meski begitu baik angin darat maupun angin laut bisa memberikan pengaruh pada tingkat kelembapan, suhu atmosfer hingga tingkat curah hujan yang ada di daerah sekitarnya.

  1. Akibat Terjadinya Angin Darat dan Angin Laut

Efek dari adanya angin darat dan angin laut bukan hanya bisa dirasakan oleh para nelayan saja. Namun adanya angin darat juga bisa menyebabkan terjadinya awal yang ada di atas langit. Sedangkan untuk hembusan angin laut bisa membantu mengatasi badai yang sedang terjadi maupun akan terjadi.

  1. Jenis Angin

Ketika sedang berhembus, angin darat memang terasa lebih kering di kulit dan untuk angin laut akan terasa lebih lembab. Hal ini bisa terjadi karena angin laut memiliki kandungan uap air. Uap air tersebut merupakan hasil dari penguapan air laut oleh paparan panas sinar matahari.

Karakteristik Angin Darat

Baik itu angin darat maupun angin laut keduanya memang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Berikut ini adalah penjelasan mengenai karakteristik dari angin darat.

  • Angin darat akan berhembus dari darah ke arah laut dan terjadi pada waktu malam hari.
  • Angin darat merupajan jenis angin lepas pantai dan jenis angin kering.
  • Angin darat kerap dimanfaatkan oleh nelayan agar bisa berangkat mencari ikan di laut.

Karakteristik Angin Laut

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika angin laut juga memiliki karakteristiknya sendiri. Tentunya, karakteristik angin laut akan berbeda dengan karakteristik yang dimiliki oleh angin darat. Adapun karakteristik dari angin laut adalah sebagai berikut ini.

  • Angin laut akan berhembus dari laut ke arah daratan dan terjadinya adalah pada waktu siang hari.
  • Angin laut adalah jenis angin pantai yang juga jenis angin basah atau lembab.
  • Angin laut kerap dimanfaatkan oleh nelayan agar dapat kembali ke daratan setelah selesai mencari ikan di lautan.

Itulah penjelasan mengenai penjelasan perbedaan angin darat dan angin laut. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait