6 Tips Sepatu Bebas Bau Tanpa Harus Dicuci

Penjelasan tips menghilangkan bau
Pasir kucing bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Saat sepatu lembap usai dipakai seharian, isi dengan pasir kucing. (Foto: Pin/sumbarfokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Bau sepatu memang kerap mengganggu. Ada beberapa trik yang bisa diterapkan agar sepatu bebas bau tanpa harus dicuci.

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Kenapa sepatu bisa bau? Ahli bedah ortopedi Sean Peden menjelaskan sepatu adalah tempat berkembang biak yang sempurna buat jamur dan bakteri.

“Aliran udara terbatas. Kita tidak mencuci sepatu kita. Dan bakteri berkembang biak saat diberi lingkungan seperti ini. Seiring waktu, sepatu akan menyerap kelembapan dan keringat, dan baunya akan masuk ke dalam kain sepatu,” kata Peden seperti dilansir dari Reader’s Digest.

Selain itu, beberapa jenis sepatu gampang berbau karena bahan tertentu. Lebih lanjut, simak penjelasan tips menghilangkan bau sepatu secara instan berikut ini.

  1. Diangin-anginkan

Begitu sepatu lembap akibat keringat atau berbau, segera angin-anginkan atau tidak diletakkan di tempat tertutup.

“Jika basah, letakkan di tempat dengan aliran udara yang baik atau bahkan pertimbangkan untuk menggunakan kipas angin di dekatnya,” kata Peden.

Kalau sepatu basah kuyup, sebaiknya masukkan koran atau paper towel untuk menyerap kelembapan.

  1. Isi dengan pasir kucing

Pasir kucing bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Saat sepatu lembap usai dipakai seharian, isi dengan pasir kucing. Pasir yang biasa digunakan untuk kencing dan buang kotoran ini akan menetralkan bau sepatu. Diamkan selama beberapa jam dan bersihkan.

  1. Pakai ‘deodoran’ sepatu

Apa cuma ketiak yang butuh deodoran? Ternyata sepatu pun butuh. Seperti dilansir dari Home Made Simple, racikan deodoran sepatu ini praktis digunakan terutama buat sepatu yang tidak bisa dicuci dengan mesin.

Anda cukup mencampurkan air dan cuka putih dengan perbandingan 1:1. Kocok dan semprotkan pada bagian dalam sepatu. Setelah itu, lap dengan kain bersih. Jangan lupa angin-anginkan sepatu sebelum disimpan atau dikenakan kembali.

  1. Baking soda

Selain cuka putih, Anda bisa mengandalkan baking soda untuk menghilangkan bau sepatu. Bedanya, baking soda cukup ditaburkan pada sepatu dan didiamkan beberapa jam atau semalaman. Setelah itu, buang baking soda.

Sementara itu, baking soda terbilang ampuh menghilangkan noda sepatu. Baking soda cukup dicampur dengan sedikit air sampai jadi pasta lalu oleskan pada noda. Setelah 10-15 menit, sikat atau lap dengan kain basah.

  1. Gonta-ganti sepatu

Sepertinya sebagian orang bakal mengenakan sepatu yang sama selama beberapa hari karena nyaman. Namun kebiasaan ini gampang memicu bau pada sepatu.

Seperti dilansir dari Health, sebaiknya ganti sepatu secara teratur. Hindari mengenakan sepatu yang sama dalam dua hari berturut-turut.

  1. Jaga kaki bersih dan kering

Langkah pencegahan penting dilakukan. Sebelum pakai sepatu, pastikan kaki dalam keadaan bersih dan kering. Keringat dan bakteri memang memicu bau sehingga disarankan memakai bedak khusus kaki untuk mengurangi kelembapan.

Itulah penjelasan tips menghilangkan bau sepatu secara instan. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait