3 Cara Menyimpan Tahu di Kulkas agar Segar dan Tahan Lama

Penjelasan tips menyimpan tahu
Setelah kemasan tahu dibuka, pindahkan tahu ke dalam wadah berisi air. Mengutip dari Well and Good, cara ini membantu memperpanjang umur simpan. (Foto: Pin/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Ada cara menyimpan tahu di kulkas agar tetap segar dan tahan lama. Simak penjelasan tips menyimpan tahu di kulkas berikut ini.

Bacaan Lainnya

Tahu merupakan salah satu rujukan sumber protein nabati yang murah dan mudah didapat. Mengutip dari Healthline, selain protein, tahu juga mengandung asam amino esensial yang penting buat tubuh.

Dalam 100 gram tahu mengandung protein sebanyak 17 gram, karbohidrat 3 gram, serat 2 gram, lemak 9 gram, vitamin A dan sejumlah mineral seperti kalsium, mangan, selenium, fosfor, magnesium, zinc, dan zat besi.

Cara menyimpan tahu di kulkas

Demi kepraktisan, biasanya rumah tangga memiliki stok bahan pangan, termasuk tahu.

Namun, tahu dianggap sebagai bahan pangan yang tidak tahan lama disimpan. Padahal jika caranya tepat, tahu bisa lebih tahan lama.

Berikut cara menyimpan tahu di kulkas agar tetap segar dan tahan lama.

  1. Identifikasi jenis tahu

Tahu seperti apa yang Anda miliki? Ada jenis tahu yang sangat halus dan mirip puding, ada juga yang agak keras. Beda jenis tahu, beda pula cara penyimpanannya.

Tahu sutra teksturnya sangat halus dan cepat rusak dibanding tahu yang lebih keras. Tahu sutra tidak cocok disimpan beku sebab memiliki kandungan air yang cukup tinggi dan bisa mengkristal saat dibekukan.

  1. Rendam dalam wadah berisi air

Setelah kemasan tahu dibuka, pindahkan tahu ke dalam wadah berisi air. Mengutip dari Well and Good, cara ini membantu memperpanjang umur simpan dan memperkaya teksturnya yang lembut dan kenyal selama beberapa hari.

Pastikan wadah tertutup rapat dan air benar-benar merendam seluruh bagian tahu. Jangan lupa ganti airnya setiap hari agar tahu tetap segar.

Tips menyimpan tahu di kulkas ini cocok untuk semua jenis tahu.

  1. Simpan di freezer

Tahu yang disimpan di kulkas bisa bertahan selama sekitar seminggu. Namun, jika ingin lebih tahan lama, cara menyimpan tahu di kulkas satu ini patut dipertimbangkan. Anda bisa mempertimbangkan menyimpan tahu di dalam freezer.

Mengutip dari The Kitchn, tahu berukuran besar sebaiknya dipotong jadi beberapa bagian, lalu letakkan di atas loyang berlapis kain serbet bersih. Kemudian masukkan loyang dalam freezer. Setelah beku, tahu bisa dipindahkan ke kantong kedap udara.

Itulah penjelasan tips menyimpan tahu di kulkas. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait