Pemkab Aceh Timur Gelar Bimtek Aplikasi Srikandi

Staf Ahli Bidang Pemerintah Hukum dan Politik M. Khairurradhi, saat membacakan sambutan pada pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi). (Foto: ISKANDAR ISHAK/SumbarFokus.com)

ACEH TIMUR (SumbarFokus)

Pemerintah Aceh Timur, melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Timur, mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi), bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan setempat, Senin (27/11/2023).

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Pj Bupati Aceh Timur Mahyuddin, dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Pemerintah Hukum dan Politik M. Khairurradhi, saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, dalam mewujudkan penyelenggaraan kearsipan berbasis digital dalam era digital saat ini, seharusnya semua sistem kearsipan sudah elektronika, dan sistem manual harus ditinggalkan.

“Karena dengan digital atau elektronika dapat membantu tugas kita dalam mempercepat proses serta mempermudah pekerjaan,” kata Khairurradhi.

Dikatakan, aplikasi sistem informasi kearsipan dinamis terintegrasi (Srikandi) dibentuk berdasarkan kolaborasi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) Kementrian PAN dan RB, Kementria Komunikasi dan Informatika serta Badan Siber Sandi Negara RI

Sebelumnya, Ketua Panitia yang juga Plt Kabid Kearsipan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Timur Suryadi dalam laporannya menyampaikan bahwa dasar kegiatan bimtek ini berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

“Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari yaitu Tanggal 27 hingga 28 November 2023, diikuti sebanyak 61 peserta yang berasal dari perwakiulan OPD dan perwakilan kecamatan dalam Kabupaten Aceh Timur,” jelas Suriadi.

Sedangkan pemateri, dikatakan, berasal dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya, serta Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Timur. (020)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait