Pilkades Serentak Sukses Digelar, Pemko Sawahlunto Dukung dan Fasilitasi Penuh Penyelenggaraan

Pilkades serentak di Kota Sawahlunto berjalan lancar, sesuai harapan bersama. (Foto: Ist.)

SAWAHLUNTO (SumbarFokus)

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 17 Mei 2023 di Kota Sawahlunto berjalan sukses, aman, damai, tertib, dan kondusif. Hal itu tidak terlepas dukungan dan kerja sama semua pihak, terutama
Pemerintah Kota Sawahlunto, yang mendukung dan menfasilitasi sepenuhnya perhelatan Pilkades serentak di tiga kecamatan tersebut, termasuk dari pihak keamanan Polres Sawahlunto dan Kodim 0310/SSD. Sembilan desa menyelenggarakan pemungutan suara dalam Pilkades serentak, di 35 TPS, Rabu (17/5/2023).

Bacaan Lainnya

Sembilan desa tersebut, yakni Desa Taratak Bancah, Desa Silungkang Oso, Desa Silungkang Tigo, Desa Kubang Utara Sikabu, Desa Pasar Kubang, Desa Talawi Hilir, Desa Sikalang, Desa Salak, dan Desa Tumpuak Tangah.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta berharap, usai Pilkades masyarakat dapat mendukung sepenuhnya Kades terpilih.

“Usai pesta demokrasi desa ini, semua masyarakat harus kembali bersatu dan mendukung yang terpilih, sehingga pembangunan desa dapat berjalan dengan baik. Biduak lalu kiambang batauik,” ujar Deri Asta

Sekretaris Daerah Kota Sawahlunto Ambun Kadri, saat meninjau langsung saat pemungutan suara menyebut, Pemko Sawahlunto mendukung penuh penyelenggaraan Pilkades serentak yang langsung, umum, bebas, rahasia, dan adil dengan mengawasi regulasi-regulasi dalam pemilihan sehingga dapat berjalan baik.

“Kami sangat mengapresiasi kepada pihak Polres Sawahlunto dan Kodim 0310/SSD yang ikut mendukung keamanan dan ketertiban seluruh tahapan Pilkades serentak sehingga berjalan aman dan damai,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga telah menekankan kepada PPKDes bersama seluruh unsur lain yang terlibat agar menjalankan fungsinya dengan optimal. Kita berharap Pilkades yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dapat terwujud.

“Untuk mencapai itu adalah tugas kita bersama, tidak bisa hanya satu pihak atau satu unsur saja yang bekerja. Untuk itu, seluruh tahapan Pilkades agar dapat diumumkan dan disosialisasikan kepada masyarakat agar publik dapat mengetahui dan ikut mengawasi proses demokrasi itu,” katanya.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosPMD PPA) Kota Sawahlunto Efriyanto merinci jumlah TPS di Kecamatan Silungkang sebanyak sebelas TPS, kemudian Kecamatan Lembah Segar sebanyak enam TPS dan Kecamatan Talawi sebanyak 18 TPS.

Sementara, Kapolres Sawahlunto, AKBP Purwanto Hari Subekti mengungkapkan, Pilkades serentak berjalan aman, aman, tertib, lancar, dan kondusif.
” Polri sebagai fungsi pemerintahan di bidang Harkamtibmas,
penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, berkewajiban untuk mengamankan jalannya Pilkades di kota Sawahlunto, sehingga Pilkades tersebut terlaksana sukses, aman, tertib, dan lancar,” terangnya

Pilkades, sebut Kapolres, merupakan perwujudan pelaksanaan demokrasi yang pada prinsipnya diselenggarakan sebagai sarana partisipasi masyarakat desa untuk memilih Kepala Desa.

 

“Semoga Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan, dan keselamatan kepada kita dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara,” ujarnya.

Adapun hasil Pilkades serentak di sembilan desa adalah sebagai berikut. Kades terpilih Desa Tumpuak Tangah adalah Rudi Guslianto, Desa Talawi Hilie Fauzil Misbah Tompua Sakti. Desa Salam Jeri Rizal Desa Sikalang Lambang Wicaksono. Desa Pasa Kubang Mukhlis, Desa Kubang Utara Sikabu Yulhendri Efendi, Desa Taratak Bancah Arben, Desa Sikungkang Oso Ferdinal, dan Desa Silungkang Tigo Nelly Evita. (025)

 

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait