Pj Bupati Sandi Fahlepi Komitmen Lanjutkan Pembangunan Markas Kompi Brimob di Muba

Pj Bupati Musi Banyuasin Sandi Fahlepi nyatakan kesiapan mendukung pembangunan Markas Komando (Mako) Brimob Polda Sumatera Selatan di Kabupaten Muba. (Foto: PIJAI/SumbarFokus.com)

PALEMBANG (SumbarFokus)

Pj Bupati Musi Banyuasin Sandi Fahlepi nyatakan kesiapan mendukung pembangunan Markas Komando (Mako) Brimob Polda Sumatera Selatan di Kabupaten Muba.

Bacaan Lainnya

Hal ini disampaikan Pj Bupati Sandi Fahlepi saat menerima jajaran Dansat Brimob Polda Sumatera Selatan terkait rencana kelanjutan pembangunan Markas Kompi Brimob di Kelurahan Soak Baru Kecamatan Sekayu, di Kantor Perwakilan Muba Palembang, Rabu (22/5/2024).

Ia menuturkan Pembangunan Markas Kompi Brimob Polda Sumsel telah diinisiasi Pemerintah Kabupaten Muba sejak tahun 2021 dengan menyediakan lahan seluas 14 hektar, dan saat ini tengah dilanjutkan pembangunannya.

“Semoga dengan adanya Markas Kompi Brimob ini bisa memberikan dampak positif bagi daerah dan khususnya untuk keamanan masyarakat kita,” ujarnya.

Lanjutnya, ke depan pembangunan Markas Brimob tersebut akan menjadi prioritas Pemkab Muba.

“Kita tetap komitmen membangun membangun sarana dan prasarananya, namun juga akan disesuaikan dengan kondisi keuangan,” sebutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Kepala Dinas Perkim Muba M Ridho memaparkan, sejak tahun 2022 hingga 2024 Pemkab Muba telah mengambil kebijakan untuk Pembangunan Markas Kompi Brimob dengan mengucurkan dana melalui APBD.

Pada tahun 2022 anggaran yang digelontorkan sebanyak Rp4,9 miliar, antara lain untuk pematangan lahan, papan merek, pembangunan jalan di lingkungan Mako Brimob, pembangunan pos dua unit, dan pembangunan tujuh rumah yang mencakup 1 unit tipe tipe 120, 2 unit tipe 70, dan 4 unit tipe 36.

Tahun 2023 sebesar Rp100 juta, untuk pembangunan pagar dan gapura. Kemudian di tahun 2024, APBD yang di anggarkan sebesar Rp5 miliar, yang digunakan untuk pembangunan kantor, balai prajurit, musala, garasi rumah dinas, dan garasi kendaraan taktis.

“Pembangunan untuk tahun 2024 ini tengah dilanjutkan. Hadirnya Mako Brimob di Muba untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait dengan tupoksi Polri dalam memelihara Kamtibmas, melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat betul-betul bisa maksimal,” tutur Ridho.

Sementara Dansat Brimob Polda Sumsel AKBP Susnadi, sebelumnya mengucapkan terima kasih kepada Pj Bupati Muba dan jajaran yang telah bersedia menyempatkan waktu di tengah kesibukan untuk melakukan rapat koordinasi terkait kelanjutan pembangunan Markas Kompi Brimob.

Dikatakan, tahun ini pembangunan diteruskan dengan membangun gedung Kompi, gedung prajurit dan musala , di mana gedung tersebut dapat menampung personel sebanyak 160 orang.

“Tentu dengan dibangunnya Markas Brimob yang terletak di jalan Sekayu-Pendopo ini dapat memberikan banyak manfaat, dampak ekonomi, iklim investasi yang aman, keamanan wilayah Muba sendiri, serta edukasi hukum untuk masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Muba Herryandi Sinulingga AP, Kepala BPKAD Muba Zabidi, Plt Kepala Dinas Perkim Muba M Ridho, Kabag Umum Setda Muba Sefrizal, Kabag Prokopim Setda Muba M Agung Perdana, dan dari Bappeda Muba Amra. (014)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait