Listrik Dekat dengan Kehidupan, PLN Payakumbuh Ajak Warga Paham dan Peduli Keselamatan Kelistrikan

Konsisten dalam mengedukasi masyarakat umum tentang keselamatan ketenagalistrikan (K2), PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Payakumbuh kembali mengunjungi beberapa kantor kecamatan di wilayah kerja PLN UP3 Payakumbuh sejak tanggal 2 hingga 7 Mei 2024. (Foto: PLN Sumbar/SumbarFokus.com)

PAYAKUMBUH (SumbarFokus)

Konsisten dalam mengedukasi masyarakat umum tentang keselamatan ketenagalistrikan (K2), PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Payakumbuh kembali mengunjungi beberapa kantor kecamatan di wilayah kerja PLN UP3 Payakumbuh sejak tanggal 2 hingga 7 Mei 2024. Kali ini, sosialisasi dilakukan kepada ratusan masyarakat umum mulai dari Kota Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota, hingga Kabupaten Tanah Datar.

Bacaan Lainnya

Manager PLN UP3 Payakumbuh, Teguh Bagus Oktavianto, menyampaikan bahwa pengetahuan dan kepedulian terhadap bahaya kelistrikan sangat penting mengingat listrik adalah aspek yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat, oleh karena itu sosialisasi ini langsung di lakukan oleh Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) beserta tim K3L setempat.

“Dalam sosialisasi ini, tim PLN menjelaskan beberapa upaya untuk mewujudkan zero accident pada masyarakat umum. Di antaranya tidak bermain layang-layang di dekat jaringan listrik, dilarang menerbangkan layang-layang, balon, maupun drone di dekat jaringan listrik. Tidak hanya itu, masyarakat juga dilarang untuk menebang pohon yang dekat dengan jaringan sendiri, memahami jarak aman dengan jaringan listrik hingga tidak menggunakan listrik secara ilegal,” kata Teguh.

Tak hanya itu, momen tersebut juga semakin lengkap dengan adanya sosialisasi produk layanan PLN Mobile yang merupakan layanan digital untuk memudahkan pelanggan dalam mengakses informasi dan mendapatkan pelayanan kelistrikan dalam satu genggaman.

“PLN Mobile sangat memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi kelistrikan. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pembayaran tagihan listrik atau pembelian token, permohonan pasang baru, perubahan daya, penerangan ekstra, dan lain sebagainya. Ada pula informasi-informasi kelistrikan seperti promo kelistrikan maupun berita-berita terkini tentang kelistrikan hingga ‘Marketplace’, tempat berkumpulnya UMKM binaan PLN di seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Teguh juga menambahkan bahwa kegiatan sosialisasi seperti ini rutin dilakukan di berbagai lokasi dengan berbagai kelompok masyarakat agar informasi terkait keselamatan ketenagalistrikan dapat menyebar luas. Keselamatan kelistrikan ini membutuhkan keterlibatan semua pihak untuk peduli dan menjaganya bersama-sama.

Sementara itu, Camat Mungka Kabupaten Tanah Datar, Ibu Ilda Subul Huriati, mengapresiasi kehadiran PLN atas kegiatan sosialisasi K2 di lingkungan masyarakatnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah berkenan hadir dan memberikan sosialisasi yang sangat penting bagi masyarakat kami. Banyak sekali pemahaman yang didapatkan sehingga masyarakat dapat segera melakukan mitigasi risiko kecelakaan yang disebabkan oleh listrik,” ungkap Ilda. (000/UID-Sumbar)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait