Polres Pasbar Gelar Apel Pasukan Operasi Lilin Singgalang 2023

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki, saat melakukan pengecekan pasukan dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Singgalang 2023, Kamis (21/11/2023). (Foto: Humas Polres Pasaman Barat/sumbarfokus.com)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Dalam rangka pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Polres Pasaman Barat Polda Sumatera Barat (Sumbar) melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tahun 2023 yang dilaksanakan di halaman Mako Polres setempat, Kamis (21/11/2023) pagi.

Bacaan Lainnya

Apel gelar pasukan yang serentak digelar seluruh Indonesia ini dipimpin langsung Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki dan didampingi Bupati Hamsuardi, sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Apel Kanit Regident Satuan Lalu Lintas Polres Pasaman Barat Ipda Andi Khaerin P. Satria.

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki dalam amanat Kapolri menyampaikan, apel gelar pasukan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan para personel yang bertugas maupun sarpras yang akan digunakan selama pelaksanaan Operasi Lilin tahun 2023, sehingga pengamanan perayaan Natal 2023 serta Tahun Baru 2024 (Nataru) dapat berjalan dengan optimal.

Sebanyak 22 rumah ibadah umat Nasrani yang terdiri dari 16 geraja dan 6 Kapel, beberapa orang personel baik yang berpakaian dinas maupun yang berpakaian sipil akan ditempatkan guna mengamankan perayaan ibadah Natal bagi umat Nasrani.

“Dari sisi Kamtibmas, kami juga menjamin keamanan dan kelancaran selama pelaksanaan perayaan ibadah Natal, para personel telah kami ploting dan akan turun ke lapangan untuk memastikan rumah ibadah sudah disterilisasi,” ungkapnya.

AKBP Agung Basuki menambahkan, selama pelaksanaan Operasi Lilin Singgalang 2023, seluruh personel yang terlibat pengamanan terdiri dari unsur TNI, Polri, Kementerian lembaga terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, BPJT, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan Mitra Kamtibmas lainnya.

“Kita juga melibatkan ormas-ormas keagamaan dalam kegiatan pengamanan Nataru, hal ini merupakan wujud toleransi beragama, serta pastikan kehadiran Negara pada setiap kegiatan ibadah masyarakat,” tuturnya.

Diterangkan, dalam Operasi Lilin Singgalang tahun 2023, pihaknya mendirikan tiga unit Pos Pelayanan yang berada di Sasak Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, RTH Air Bangis Kecamatan Sungai Beremas, dan Pantai Sikabau Kecamatan Lembah Melintang.

Selain itu, untuk mengurai kemacetan lalu lintas dan sejumlah titik keramaian, dua Pos Pengamanan didirikan di di Simpang Tiga Ophir Kecamatan Luhak Nan Duo dan Pasar Tempurung Kecamatan Kinali.

“Sejumlah pos pelayanan dan pos pengamanan telah didirikan di beberapa titik lokasi pusat keramaian dan tempat wisata yang dikunjungi oleh masyarakat untuk mengisi liburan Natal dan Tahun Baru,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, tidak hanya berfokus pada pengamanan Ibadah Natal, namun Polres Pasaman Barat juga akan menggelar patroli berskala besar dengan menggandeng stakeholder terkait seperti dari unsur TNI, Brimob, Sat Pol PP serta dinas perhubungan Kabupaten Pasaman Barat.

“Selain pengamanan di sejumlah tempat rumah ibadah, kami juga akan menempatkan Sejumlah personel dibeberapa titik persimpangan jalan yang rawan kemacetan pada perayaan pergantian tahun 2024, agar warga masyarakat yang merayakan pergantian tahun merasa aman dan nyaman,” sebut Kapolres.

Selain dihadiri oleh Bupati Pasaman Barat, apel gelar pasukan Operasi Lilin Singgalang 2023 juga dihadiri oleh Kajari Pasaman Barat diwakili oleh Arvye Yanurdi, Ketua Pengadilan Negeri Pasaman Barat yang diwakili oleh Arny Dewi Purnama Sari, Dandim 0305/Pasaman diwakili oleh Pabung Kodim 0305/Pasaman Kapten Kav. Sumidi. S, Penanggung Jawab Kantor Pelayanan Jasa Raharja Pasaman Barat Galih Septiandy, Danki 3 Batalyon B Pelopor Sat Brimob Polda Sumbar Iptu Riska Efki, Koordinator Pos Basarnas Pasaman Barat Randi, Kepala OPD Pemerintah Daerah Pasaman Barat, Ketua Senkom Pasaman Barat Agus Almukrim, Ketua Orari Pasaman Barat Hendrizon beserta para insan pers. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait