Polres Pasbar Gelar Bakti Kesehatan, 108 Kantong Darah Terkumpul

Antusias personel Polres Pasaman Barat dan TNI Koramil 02/Pasaman Kodim 0305/Pasaman, saat mengikuti bakti kesehatan di Lapangan Indoor Voli Ball Mako Polres setempat, Rabu (26/6/2024). (Foto:WISNU A. UTAMA/SumbarFokus.com)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Bakti kesehatan berupa donor darah dan pengobatan gratis untuk masyarakat digelar Polres Pasaman Barat dalam momentum menyambut Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024, yang dilaksanakan di Lapangan Indoor Voli Ball Mako Polres setempat, Rabu (26/6/2024).

Bacaan Lainnya

Terlihat antusiasme masyarakat dalam mengikuti bhakti kesehatan tersebut, mulai dari masyarakat hingga personel Polres Pasaman Barat dan TNI dari Koramil 02/Pasaman Kodim 0305 Pasaman.

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk peran aktif Polri dalam mendukung kesehatan masyarakat, sehingga kegiatan ini diharapkan mampu memberikan kontribusi secara nyata dibidang kesehatan, khususnya ketersediaan stok darah untuk kebutuhan masyarakat.

“Kegiatan donor darah dan pengobatan gratis ini tidak hanya membantu memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Pasaman Barat, tetapi juga memperkuat hubungan Kepolisian dengan masyarakat, sehingga bisa langsung dirasakan oleh semua kalangan masyarakat,” ungkapnya.

Dengan rasa kebersamaan dan saling bersinergi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat dan PMI dengan pihak Polres Pasaman Barat, ia berharap, kegiatan ini dapat terus dilaksanakan secara berkala dan berkesinambungan.

Kegiatan ini dilaksanakan tidak hanya dalam memperingati Hari Bhayangkara saja, namun dalam kesempatan lainnya juga tetap akan terlaksana yang merupakan bagian dari tanggung jawab sosial Polri kepada masyarakat.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan bakti sosial ini, khususnya kepada para pendonor yang telah dengan sukarela menyumbangkan darah mereka untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah,” tuturnya.

Dijelaskan, selain personel Polres Barat yang mendonorkan darahnya, kegiatan ini juga dihadiri oleh Instansi terkait seperti dari personel Kodim 0305/Pasaman, anggota Brimob Kompi III Yon B Pelopor Satuan Brimobda Polda Sumatera Barat, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, serta masyarakat lainnya.

Tahapan dalam pelaksanaan donor darah dimulai dengan pendaftaran, pengisian formulir oleh para peserta, pemeriksaan tensi, kadar hemoglobin (HB), golongan darah, anamnesa, screening kesehatan, kemudian dilanjutkan dengan pengambilan darah pendonor.

“Terlihat antusias kegiatan bhakti kesehatan yang diikuti sekitar 340 orang, dari total 340 orang yang hadir, berhasil mengumpulkan 108 kantong darah yang nantinya akan disimpan di Bank darah PMI Kabupaten Pasaman Barat,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan ini tidak hanya menjadi momen penting dalam memperingati Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024, tetapi juga sebagai bukti nyata kepedulian Polri terhadap kemanusiaan. Dengan tersedianya pasokan darah yang aman dan cukup, diharapkan kebutuhan medis masyarakat dapat terpenuhi dengan lebih baik.

“Semangat kebersamaan yang tercermin dalam acara ini menjadi inspirasi bagi banyak pihak untuk terus berkontribusi dalam kegiatan sosial dan kesehatan, sehingga menciptakan masyarakat yang lebih kuat dan sehat di masa depan,” pungkasnya. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait