PPKM Award, Padang Panjang Terbaik Penanganan COVID-19 di Regional Sumatera

Padang Panjang
Pemerintah Kota Padang Panjang raih penghargaan PPKM Award dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Gedung Dhanapala Kemenkeu Jakarta, Senin (20/3/2023). (Foto: Ist.)

JAKARTA (SumbarFokus)

Pemerintah Kota raih penghargaan PPKM Award dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Gedung Dhanapala Kemenkeu Jakarta, Senin (20/3/2023). Kota Padang Panjang menjadi kota/kabupaten terbaik dalam penanganan COVID-19 di wilayah regional Sumatera.

Bacaan Lainnya

PPKM Award tersebut diberikan Pemerintah Pusat sebagai bentuk apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi positif untuk masyarakat dan lingkungan dalam berjuang mengendalikan pandemi COVID-19 di Indonesia.

Wakil Wali Kota Asrul usai menerima penghargaan tersebut, kepada Kominfo mengatakan, dalam menangani pandemi COVID-19 serta pemulihan ekonomi, Pemko telah melakukan berbagai upaya dan langkah strategis.

Mantan birokrat senior itu menyebutkan, keberhasilan penanganan pandemi di Kota Padang Panjang juga tak terlepas dari kerja sama dengan semua pihak dalam menegakan aturan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Kita melibatkan semua pihak, baik dari unsur pemerintah, TNI, Polri, ninik mamak, tokoh agama dan tokoh masyarakat. Selama PPKM kita rutin melaksanakan imbauan, operasi yustisi, pengawasan dan pemantauan di sarana publik,” sebutnya.

Di samping itu, lanjut Asrul, dalam hal pemulihan ekonomi, Pemko juga melakukan penyaluran bantuan sosial tunai, baik dari anggaran Kementerian Sosial maupun dari APBD. Serta bantuan-bantuan lainnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Kita melalui Kominfo dan Dinas Kesehatan juga terus melakukan pencatatan, serta meng-update kepada publik perkembangan kasus COVID-19 harian di Kota Padang Panjang,” ujar Asrul.

Ditambahkan Asrul, untuk capaian vaksinasi COVID-19 di Kota Padang Panjang juga sangat luar biasa. Hal ini didorong beberapa faktor. Di antaranya, Padang Panjang sebagai kota kecil sehingga memobilisasi massa tidak terlalu sulit.

“Kita juga datangi kantor dan sekolah untuk menggenjot capaian vaksinasi. Hal ini membuat capaian vaksinasi COVID-19 di Padang Panjang menjadi yang tertinggi di Sumbar dan juga terbaik di Indonesia,” tambahnya.

Asrul mengungkapkan, selama COVID-19, dari data yang diperoleh, capaian vaksinasi Kota Padang Panjang selalu tertinggi di Sumatera Barat.

“Dengan target total 49.814, telah dilakukan vaksinasi pertama sebanyak 60.272 atau 120,99 persen. Vaksinasi kedua 59.106 atau 118,65 persen. Vaksinasi ketiga 22.909 atau 59,93 persen serta vaksinasi keempat sebanyak 151 atau 19,79 persen,” ungkapnya.

Kepada semua pihak yang terlibat dalam penanganan COVID-19 di Kota Padang Panjang, Asrul mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras yang telah diberikan selama ini.

“Mari kita jaga kerja sama dan kekompakan ini,” tutupnya.