Rania, Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Fisika yang Berhasil Publikasi Artikel di Jurnal Internasional Terindeks Scopus Q2

Rania, Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Fisika yang Berhasil Publikasi Artikel di Jurnal Internasional Terindeks Scopus Q2. (Foto: UNP/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Pengalaman berharga dan membanggakan berhasil ditoreh oleh mahasiswa prodi S1 Pendidikan Fisika bernama Rania Atara Isra. Pada Desember 2023 kemarin, Rania sebagai penulis pertama, berhasil publis artikel di jurnal internasional bereputasi terindeks Scopus Q2, di bawah bimbingan dosen pembimbing, ibu Dr. Fatni Mufit, S.Pd, M.Si. Artikel berjudul “Students Conceptual Understanding and Causes of Misconceptions on Newtons Law”, merupakan hasil skripsi, bagian dari penelitian payung dosen pembimbing. Kurang lebih dalam masa setahun, artikel dapat publis setelah melalui proses review dan revisi yang cukup ketat dari pihak jurnal.

Bacaan Lainnya

Menurut Rania, dalam pembuatan artikel ini membutuhkan kemampuan yang extra karena tidak hanya membutuhkan referensi jurnal yang relevan yang terindeks jurnal internasional tetapi juga dalam penggunaan kata-kata penjelasan yang lebih mendalam dan mudah dimengerti. Kesulitan yang Rania alami dalam menulis artikel yakni dalam menemukan referensi penelitian yang relevan terutama yang dipublish di jurnal internasional, dimana topik penelitian yang diteliti masih sangat minim dilakukan oleh peneliti lain. Referensi pada artikel harus lebih banyak menggunakan artikel internasional, berbeda dengan referensi pada saat menyusun skripsi. Namun walaupun demikian, dengan keuletan dan kegigihan serta bimbingan dan arahan dari dosen pembimbing, akhirnya artikel tersebut dapat dipublis.

Sebelumnya di semester enam, Rania juga berhasil publis artikel di jurnal nasional terakreditasi Sinta 4, sebagai produk matakuliah Seminar Pembelajaran Fisika, juga dibawah dosen pengampu matakuliah Dr. Fatni Mufit. Dalam pembuatan artikel Rania belajar banyak tentang bagaimana cara membuat artikel yang baik dan benar, saya terus belajar dalam pembuatan karya ilmiah yang baik. Atas bimbingan dan arahan dari dosen, saya mampu untuk menulis artikel yang berkualitas dan kedepannya saya berharap dapat menulis kembali artikel nasional maupun internasional bereputasi serta menginspirasi mahasiswa lainnya dalam menulis artikel yang berkualitas, ujar Rania.

Dr. Fatni Mufit menyampaikan bahwa pengalaman meneliti dan menulis, merupakan pengalaman berharga bagi mahasiswa. Dosen dapat memberikan topik terkini dan memfasilitasi mahasiswa dengan referensi terbaru untuk memotivasi dan mengarahkan mereka dalam menulis. Semua mahasiswa punya potensi, namun dosen perlu mengenali setiap potensi mahasiswa dan memupuknya, salah satunya adalah potensi menulis. Publikasi mahasiswa dalam jurnal internasional bereputasi, akan menjadi pengalaman berharga yang bermanfaat bagi masa depan mahasiswa, juga bermanfaat bagi institusi prodi, departemen, fakultas dan UNP dalam menuju World Class University (WCU). (000/unp)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait