Razia Gabungan, Puluhan Kendaraan Bermotor Diamankan Satlantas Polres Pasbar

Kasat Lantas Polres Pasaman Barat Iptu M. Irsyad Fathur Rachman, didampingi Kanit Turjagwali Ipda E. Thokson Lumban Gaol, Kanit Regindent Ipda Andi Khaerin dan personel Propam, memberikan keterangan pers di Kantor Satlantas setempat, Sabtu (26/1/2024). (Foto: WISNU A. UTAMA/SumbarFokus.com)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Guna mewujudkan Kamseltibcar Lantas yang aman dan kondusif menjelang pelaksanaan Pemilu Serentak 2024, Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Polres Pasaman Barat kembali menggelar razia gabungan penindakan pelanggaran lalu lintas.

Bacaan Lainnya

Kegiatan razia gabungan dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Pasaman Barat Iptu M. Irsyad Fathur Rahman, melibatkan personel Satlantas dan Propam, yang dilaksanakan di depan Kantor Satlantas setempat, Sabtu (27/1/2024) malam.

“Razia gabungan kembali kita gelar untuk mewujudkan Kamseltibcar Lantas yang aman dan kondusif, bersamaan dengan Operasi Mantap Brata 2024 jelang pelaksanaan Pemilu Serentak 14 Februari 2024 mendatang,” Kasat Lantas Iptu M. Irsyad Fathur Rachman, mewakili Kapolres Pasaman Barat AKBP Nurhadiansyah.

Diterangkan, razia dilaksanakan secara rutin setiap Sabtu malam. Pihaknya melakukan penindakan kasat mata terhadap pengendara kendaraan bermotor yang tidak dapat menunjukkan Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), serta tidak menggunakan helm.

Selain itu, penindakan tegas terhadap penggunaan knalpot racing (brong) dan kendaraan bermotor yang kelengkapannya tidak sesuai dengan spesifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Petugas melakukan razia secara stasioner di depan Kantor Satlantas Polres Pasaman Barat, dan juga secara hunting disepanjang jalur Protokol 32 Pasaman Baru, Nagari Lingkuang Aua Kecamatan Pasaman,” terangnya.

Dijelaskan, petugas berhasil melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas dengan menggunakan blangko tilang manual sebanyak 125 berkas, dan menyita barang bukti 95 unit kendaraan bermotor roda dua, empat unit kendaraan roda empat, 26 berkas SIM dan STNK.

“Sempat terjadi ketegangan antara petugas yang melakukan razia secara hunting dengan pengendara yang kendaraannya menggunakan knalpot racing, namun hal ini dapat diatasi oleh petugas di lapangan,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, data yang diperoleh dari petugas, pelanggaran lalu lintas banyak dari kalangan para pelajar dan remaja, hal ini tentunya menjadi perhatian khusus untuk kita semua terutama para orang tua dan pihak sekolah.

“Menyikapi hal tersebut, personel Satlantas Polres Pasaman Barat akan terus turun langsung ke sekolah-sekolah yang ada di Pasaman Barat, untuk memberikan sosialisasi dan edukasi tetang tertib berlalu lintas,” ucapnya.

Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas dengan melengkapi surat-surat kendaraan bermotor seperti, SIM, STNK, memakai helm saat berkendara di jalan raya, dan juga tidak menggunakan knalpot racing (brong).

“Kepada para pelajar dan remaja untuk tidak terlibat dalam aksi kebut-kebutan di jalan dan balapan liar, sayangi diri dan keluarga di rumah, jadilah anak muda yang kreatif dalam kegiatan yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang banyak,” sebutnya. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait