10 Sayuran yang Ternyata Tidak Sesehat yang Dipikirkan

Sayuran yang tidak sehat
Ilustrasi. (Canva/Foto: Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Sayuran merupakan bahan pangan yang berasal dari tumbuhan yang memiliki kandungan air tinggi, beberapa diantara sayuran tersebut ada yang dapat dikonsumsi langsung tanpa dimasak, Namun ada juga yang memerlukan proses pengolahan terlebih dahulu seperti direbus, dikukus untuk memaksimalkan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Sayuran dianggap sebagai makanan yang paling banyak nutrisinya. Tanpa sayuran, menu makanan Anda tidak akan lengkap. Bahkan, sayuran juga sangat berguna untuk diet menggantikan nasi.

Sayangnya, tidak semua sayuran sesehat yang kita pikirkan. Ada yang mengandung residu pestisida, hingga zat berbahaya lainnya. Seperti dilansir dari Slice, inilah sepuluh sayuran yang tidak sehat.

  1. Pestisida bayam non-organik sangat tinggi. Oksalat dan purinnya pun tinggi, bisa bikin asam urat atau batu ginjal.
  2. Timun non-organik juga mengandung residu pestisida yang cukup tinggi. Adanya lilin sintetis bisa membahayakan kesehatan.
  3. Sebagian besar jagung yang Anda beli telah mengalami modifikasi genetik, bisa memengaruhi perubahan hormonal dan pencernaan jadi sensitif.
  4. Kentang masuk kelompok sayuran nightshade mengandung alkaloid. Bisa berdampak negatif pada fungsi saraf, otot, pencernaan, dan sendi.
  5. Terung juga kelompok nightshade yang tak cocok dikonsumsi untuk orang dengan gangguan sendi.
  6. Paprika bisa berpotensi menyebabkan peradangan yang mengarah pada kanker dan diabetes.
  7. Masuk dalam kelompok nightshade, tomat ceri mengandung sekitar 35 residu pestisida.
  8. Seledri dinilai memiliki nutrisi paling rendah. Tak hanya itu, seledri mengandung 68 residu pestisida yang berbahaya.
  9. Labu kuning mengandung banyak vitamin, serat, dan mineral. Sayang, residu pestisidanya tinggi, hingga oksalat yang tidak baik buat tubuh.
  10. Kale dikenal sebagai sayuran paling banyak gizinya. Namun, kale non-organik mengandung insektisida organofosfat, beracun untuk saraf.

Itulah penjelasan mengenai sepuluh jenis sayuran yang tidak sehat apalagi kalau dikonsumsi secara berlebihan. Oleh karena itu, perlu bagi Anda untuk lebih memperhatikan kualitas sayuran yang Anda konsumsi. Cara menghindari bahaya mengonsumsi sayuran, Anda bisa memilih yang organik atau batasi konsumsi sayuran non-organik. Dari sepuluh sayuran di atas, mana saja yang paling Anda suka? Semoga bermanfaat! Salam sehat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait