Situs Gunung Padang, Sebuah Peradaban Masa Lalu

Gunung Padang di Cianjur, Jawa Barat. (Foto: Pinterest/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Sering kali ketika mendengar kata ‘Padang’ kita berpikir ini berhubungan dengan Sumatera Barat. Akan tetapi, Situs Gunung Padang ini merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat.

Bacaan Lainnya

Gunung Padang ini diperkirakan sudah berusia 16.000 tahun dan telah mengukir namanya dalam sejarah sebagai piramida tertua di dunia. Lokasi tepatnya berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.

Keberadaan Situs Gunung Padang dilaporkan pertama kali oleh Nicolaas Johannes Krom dalam tulisannya yang berjudul Rapporten Oudheidkundige Dienst (Buletin Dinas Kepurbakalaan) pada tahun 1914.

Kemudian Krom melaporkan bahwa di puncak Situs Gunung Padang terdapat empat teras yang tersusun dari batu kasar serta dihiasi batu andesit dan di setiap teras terdapat gundukan tanah yang ditimbuni batu

Gunung Padang memiliki ketinggian sekitar 885 mdpl, luas kompleks utamanya sekitar 900 m², dan luas areal sekitar 3 ha.

Situs Gunung Padang tercatat sebagai kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara, bentuk bangunan punden berundaknya mencerminkan zaman megalitikum yang terdiri atas lima teras dan tersusun dengan ukuran yang berbeda-beda.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa struktur batu yang ada di Situs Gunung Padang mungkin memiliki fungsi lebih dari sekadar tempat peribadatan atau situs pemakaman. Bahkan ada yang berpendapat bahwa situs ini mungkin juga berfungsi sebagai pusat pendidikan atau pusat Pemerintahan di zaman prasejarah.
(Magang-Dewi)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait