Teknik Atasi Mabuk Udara di Pesawat

Teknik Atasi Mabuk Udara di Pesawat. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Anda traveller dan suka berkunjung ke tempat yang jauh menggunakan pesawat?

Bacaan Lainnya

Apa Anda juga sering merasa mual ketika berada di pesawat?

Itu adalah mabuk udara (motion sickness). Ketika mabuk udara, Anda akan merasa mual dan ingin muntah saat bepergian menggunakan pesawat.

Ada beberapa teknik yang bisa Anda coba untuk mengatasi mabuk udara. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Fokus pada Horison

Cobalah untuk tetap fokus pada horison atau pemandangan di luar jendela. Melihat objek yang tetap atau stabil dapat membantu otak Anda menyesuaikan diri dengan gerakan kendaraan.

  1. Duduk di Tempat yang Stabil

Pilihlah tempat duduk yang stabil di kendaraan. Misalnya, di mobil, duduk di kursi depan atau di tengah dapat membantu mengurangi gerakan yang dirasakan.

  1. Teknik Pernapasan

Praktikkan teknik pernapasan yang dalam dan teratur. Tarik napas dalam-dalam melalui hidung dan hembuskan melalui mulut secara perlahan. Ini dapat membantu menenangkan sistem saraf dan mengurangi gejala mabuk udara.

  1. Makanan Ringan

Hindari makanan berat sebelum melakukan perjalanan. Sebaliknya, makanlah makanan ringan dan mudah dicerna seperti buah-buahan atau roti.

  1. Istirahat yang Cukup

Pastikan Anda cukup beristirahat sebelum melakukan perjalanan. Kelelahan dapat meningkatkan risiko mabuk udara, jadi usahakan untuk tidur yang cukup sebelumnya.

  1. Hindari Layar

Hindari membaca buku atau menatap layar selama perjalanan. Ini dapat memperparah gejala mabuk udara karena gerakan yang Anda lihat tidak selaras dengan gerakan yang Anda rasakan.

  1. Minum Air Putih

Pastikan Anda tetap terhidrasi dengan minum air putih selama perjalanan. Dehidrasi dapat meningkatkan risiko mabuk udara.

  1. Menghindari Bau yang Menyengat

Hindari bau yang kuat atau menyengat di sekitar Anda selama perjalanan. Bau-bau tertentu dapat memicu mual atau memperparah gejala mabuk udara.

  1. Gunakan Obat Mabuk Udara

Jika gejala mabuk udara tetap parah meskipun telah mencoba teknik-teknik di atas, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat yang dapat membantu mengurangi mabuk udara.

Ingatlah bahwa setiap orang bisa merespons berbeda terhadap teknik-teknik ini, jadi cobalah beberapa yang berbeda untuk melihat apa yang paling efektif bagi Anda. (015/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait