Trik Aman Menyalip Mobil untuk Anda yang Masih Ragu dalam Berkendara  

Ilustrasi menyalip mobil. (Foto: Canva/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Ketika berada di jalan raya, keterampilan menyalip mobil merupakan aspek penting dalam keamanan dan kelancaran perjalanan. Namun, bagi sebagian pengemudi, terutama yang masih merasa ragu-ragu, tindakan ini bisa menjadi momen stres dan kekhawatiran.

Bacaan Lainnya

Bagaimana cara menyalip dengan aman tanpa mengorbankan keamanan diri dan orang lain di sekitar? Simak trik-trik berikut ini:

Perhatikan dan pahami rambu beserta marka jalan
Sebagai pengemudi, penting untuk memahami dengan baik rambu-rambu di jalan. Hindari menyalip di daerah dengan garis atau marka jalan yang tidak putus-putus. Selain itu, hindari juga menyalip di tikungan, tanjakan, turunan, bahu jalan, dan area berbahaya lainnya.

Pertimbangkan sebelum menyalip
Langkah awal yang krusial adalah membuat keputusan pribadi untuk mengevaluasi kepentingan saat hendak menyalip kendaraan lain. Jika dirasa tidak diperlukan, sebaiknya hindari melakukan tindakan tersebut.

Pastikan kondisi jalan sudah aman
Sebelum menyalip, pengendara perlu memastikan keamanan di sekitarnya, khususnya kondisi jalan di depan kendaraan yang akan disalip. Periksa apakah ruang di depan cukup untuk mengambil posisi di depannya. Serta, selalu perhatikan kondisi jalan dari arah berlawanan.

Cek spion dan nyalakan sein sebelum menyalip
Setelah memastikan keamanan di depan, periksa kaca spion untuk deteksi bahaya di kiri, kanan, dan belakang. Jika kondisi aman, nyalakan lampu sein sesuai arah gerakan untuk memberi informasi pada pengendara lain.

Demikianlah beberapa langkah yang dapat diambil saat hendak menyalip kendaraan. Dengan memahami panduan-panduan tersebut, diharapkan para pengendara mampu menjalankan perjalanan dengan aman dan selamat hingga mencapai tujuan mereka. (015/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait