Wako Hendri Septa Saksikan Penyampaian Outlook Perekonomian Sumbar 2023

Perekonomian
Wali Kota Padang Hendri Septa hadiri kegiatan penyampaian outlook perekonomian Sumbar tahun 2023. (Foto: Ist.)
PADANG (SumbarFokus)

Wali Kota Padang Hendri Septa mengaku menyambut baik atas dilakukannya pemaparan tentang ‘outlook’ perekonomian Sumatera Barat (Sumbar) tahun 2023 oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumbar Wahyu Purnama A di Aula Anggun Nan Tongga Kantor Perwakilan BI Sumbar, Rabu (25/1/2023).

Menurut Wali Kota Padang, penyampaian outlook perekonomian Sumbar tahun 2023 itu sangat penting untuk upaya peningkatan perekonomian Sumbar ke depan. Begitu juga dalam menjaga inflasi daerah.

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Padang saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pak Wahyu Purnama yang telah menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya sebagai Kepala Perwakilan BI Sumbar selama ini. Begitu juga bersinergi dengan Pemko Padang dalam meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengendali inflasi di Kota Padang. Dan masih banyak lagi hal positif lainnya tentunya, semoga beliau semakin sukses lagi di tempat kerja yang baru,” ungkap Wali Kota Padang kepada wartawan di sela acara.

Sementara itu saat penyampaian outlook perekonomina Sumbar tahun 2023, Kepala BI Perwakilan Sumbar Wahyu Purnama A memproyeksikan tingkat inflasi di Sumbar akan menurun di sepanjang 2023 dibandingkan tahun 2022.

“Inflasi di Sumbar sepanjang 2022 memang tinggi mencapai 7,43 persen dan diprediksi tahun 2023 berada pada kisaran 2,4 persen hingga 3,2 persen (yoy),” kata dia.

Wahyu menilai penurunan itu terjadi karena komoditas emas perhiasan diperkirakan cukup stabil sejalan dengan tren harga emas global yang diperkirakan menurun pada tahun 2023. Kemudian aktivitas masyarakat diperkirakan tetap tinggi, namun faktor ‘base year’ yang cukup tinggi di tahun 2022 diperkirakan menjaga capaian inflasi inti tetap rendah dan stabil.

Selain itu meredanya pandemi Covid-19 dan kestabilan ekonomi global mendukung kelancaran distribusi pangan dan faktor base year inflasi VF di tahun 2022 yang cukup tinggi diperkirakan menjaga capaian inflasi di tahun 2023 lebih rendah.

Selanjutnya kebijakan pemerintah terkait kenaikan tarif diperkirakan tidak setinggi tahun 2022 sejalan dengan mulai stabilnya perekonomian.

“Kestabilan harga bahan bakar rumah tangga sejalan dengan perkiraan harga gas alam di tahun 2023 yang cukup stabil dengan kecenderungan penurunan harga,” kata Wahyu Purnama.

Seperti diketahui, pada acara tersebut juga dilangsungkan momen perpisahan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumbar Wahyu Purnama A yang akan berpindah tugas per 30 Januari 2023 mendatang sebagai Direktur Syariah Bank Indonesia.

Kilas balik rangkaian kegiatan utama yang telah dilakukan Kantor Perwakilan BI Sumbar selama kepemimpinan Kepala Perwakilan BI sumbar Wahyu Purnama A pun juga ditayangkan di kesempatan itu.

Terlihat hadir saat itu Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono beserta unsur Forkopimda Sumbar lainnya dan sejumlah kepala daerah, pimpinan BUMN/BUMD se-Sumbar. (000/ril)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait