Wujudkan Personel Penanggulangan Bencana yang Tangguh dan Andal, BPBD Sumbar Gelar Pelatihan TRC Penanganan Bencana

Pelaksanaan pelatihan Relawan Tim Cepat (RTC) Bencana 2023 di Padang, Rabu (15/11/2023). (Foto: NURUL HAFIZAH/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Berada di daerah yang memiliki potensi dan risiko gempa bumi dan tsunami yang tinggi, ataupun potensi bencana lainnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menyelenggarakan pelatihan penanggulangan bencana untuk meningkatkan kapasitas relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanganan Bencana.

Bacaan Lainnya

Pelatihan ini guna meningkatkan dan mengembangan kemampuan kapasitas personel TRC Penanggulangan Bencana Sumbar.

“Sebagai salah satu wilayah di Indonesia dengan risiko gempa bumi dan tsunami yang tinggi, relawan TRC diharapkan capat dalam merespon penanganan darurat bencana yang terjadi di kota masing-masing,” ucap Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar Fajar Sukma, Rabu (15/11/2023), di Padang.

Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari, 15-16 November, tersebut diikuti oleh 120 peserta yang terdiri dari relawan TRC dari seluruh kabupaten dan kota di Sumbar, dan dihadiri oleh perwakilan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Komando Resor Militer (Korem) 032, dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar, Hidayat.

Tidak hanya penyampaian materi oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD dan PMI Sumbar, namun praktik penanggulangan bencana juga dilakukan dalam pelatihan tersebut.

Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan kapasitas tanggap darurat bencana terutama dalam menangani masalah pengungsi, penyelamatan, serta pemulihan sarana dan prasarana pasca bencana.

Dikatakan, dengan adanya pelatihan ini, TRC bisa menjadi indikator kesiapan dalam menghadapi bencana, dan diharapkan bisa dengan cepat, sigap dan efisien melakukan penanganan bencana apabila terjadi bencana. (023)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait