Porwil 2023 Berakhir, Ketum KONI Sumbar: Terima kasih dan Tetap Berprestasi di PON 2024

Helatan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI/2023 resmi berakhir, Selasa (14/11/2023) sore. (Foto: KONI Sumbar/sumbarfokus.com)

PEKANBARU (SumbarFokus)

Helatan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI/2023 resmi berakhir, Selasa (14/11/2023) sore. Penutupan berlangsung di halaman Kantor Gubernur Riau, pada malam hari usai laga final sepakbola yang mempertemukan Sumatera Barat (Sumbar) dan Riau di partai final.

Bacaan Lainnya

Kontingen Sumbar di papan klasemen akhir berada di undakan ke-3, dengan perolehan medali 22 emas, 33 perak, dan 24 emas. Ini sedikit lebih baik dari Porwil 2019 yang menempati posisi ke-4 dari sepuluh provinsi.

Ketua Umum KONI Sumbar Ronny Pahlawan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kontingen Sumbar, mulai dari atlet, pelatih, manajer, dan ofisial, termasuk juga Pemerintah Provinsi Sumbar yang mendukung penuh keberhasilan Ranah Minang pada Porwil kali ini.

Ungkapan yang sama juga disampaikan kepada sponsor atau pihak ketiga yang menyokong perjuangan duta-duta olahraga Sumbar di Bumi Lancang Kuning.

Menurut Ronny, keberhasilan Sumbar di Riau, tak terlepas dari kerja keras, perjuangan, dukungan moril dan pendanaan, sehingga sederet prestasi bisa diukir pada multi event yang diikuti oleh delapan provinsi di Sumatera itu.

“Apa yang kita raih kali ini juga tak lepas dari support pemerintah daerah dalam hal ini Gubernur dan DPRD Sumbar,” ungkap Ronny.

Evaluasi dan perbaikan

Ronny mengatakan, setelah Porwil ini pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap sepuluh Cabor yang ambil bagian pada Porwil kali ini.

“Nantinya, tim monitoring dan evaluasi akan bekerja dan memberikan laporan selama pelaksanaan Porwil kepada kami,” ungkapnya.

Secara keseluruhan, dia menilai, capaian seluruh cabor sudah maksimal. Para atlet telah mengerahkan seluruh kemampuan untuk bisa meraih medali dan mengantongi tiket PON 2024 Aceh/Sumut.

“Sejak awal, saya menyaksikan perjuangan para atlet. Perjuangan mereka sangat luar biasa. KONI Sumbar menyampaikan terima kasih atas dedikasi atlet dalam mengharumkan Sumatera Barat,” ungkapnya.

Diakui, memang dari sepuluh cabor yang ikut pada Porwil ini, ada up and down, namun secara keseluruhan relatif sudah cukup baik. Tunggal bagaimana pembenahan-pembenahan menjelang persiapan kita di PON 2013 nanti,” ujar Ompa, sapaan akrab Ronny Pahlawan.

Ompa menyebut, dari beberapa cabor yang diikuti Sumbar, ada cabor yang melampaui target, ada juga yang kurang meraih target.

“Tentunya ada pembenahan dan evaluasi, bukan saja dari cabor yang di Porwil ini, tapi juga yang mengikuti babak kualifikasi PON,” pungkasnya. (000/HMS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait