3 Cara Edit File PDF: Tanpa Perlu Convert ke Bentuk Word

Cara edit file pdf
Cara yang pertama sudah umum digunakan oleh kebanyakan orang. Namun cara ini hanya akan bekerja apabila Anda menggunakan versi word 2013 dan 2016 atau yang terbaru. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Cara edit file pdf secara langsung dengan mudah dan cepat:

Bacaan Lainnya
  1. Gunakan aplikasi word 2013 ke atas

Cara yang pertama sudah umum digunakan oleh kebanyakan orang. Namun cara ini hanya akan bekerja apabila Anda menggunakan versi word 2013 dan 2016 atau yang terbaru.

Saya sendiri juga belum mencobanya, tapi yang saya tahu di word versi 2010 ke bawah belum mendukung export file ke bentuk pdf. Hanya sebatas Save as dalam bentuk pdf, bukan Export seperti yang terdapat pada word 2013 dan 2016. Menu export yang saya maksud seperti thumbnail artikel di atas.

Jika Anda sudah menginstall word versi 2013 atau yang terbaru, cara edit pdfnya sangat mudah. Anda hanya perlu membuka file pdfnya dengan aplikasi word tersebut dan kemudian otomatis word akan mengubah bentuk filenya ke dalam dokumen agar bisa diedit. Bahasa gampangnya convert sekalian edit.

  1. Menggunakan aplikasi pdf berbayar

Ada banyak aplikasi pembaca pdf berbayar yang bisa Anda gunakan untuk edit pdf langsung. Namun yang pernah saya gunakan hanyalah adobe acrobat pro dan Nitro pdf. Adobe acrobat pro ini merupakan software keluaran terbaru pengganti pendahulunya yaitu adobe reader. Namun disini saya menggunakan Nitro 10 karena lebih ringan.

Berikut caranya:

  • Buka file pdfnya dengan Nitro. Kemudian pilih menu Edit, selanjutnya pilih Edit lagi. Sekarang Anda sudah bebas mengubah file pdf baik tulisan atau gambarnya.

3 Menggunakan Corel Draw

Apabila di laptopmu tidak ada software pembaca pdf yang bisa digunakan untuk edit pdf, Anda bisa gunakan aplikasi yang satu ini. Cara ini terbilang lebih baik dibandingkan dengan metode yang pertama. Caranya pun sangat mudah:

  • Klik kanan pada file pdfnya, kemudian buka open with corel draw
  • Akan muncul notifikasi intinya corel meminta ijin untuk membaca file dengan teks. Pilih Ok saja.
  • Apabila sudah terbuka silahkan edit sesuka hati
  • Untuk menyimpannya kembali dalam bentuk pdf pilih File > Publish to pdf

NOTE :

  • Cara yang pertama terkadang tidak bisa mengedit table yang sudah dalam bentuk pdf.
  • Semua cara di atas tidak berlaku apabila pdfnya terpassword.
  • Semua cara diatas tidak berlaku apabila file pdf hasil scan (karena hasil scan sudah menyatu dalam bentuk gambar jadi tidak bisa di ubah).
  • Semua aplikasi yang bisa digunakan untuk export file ke dalam bentuk pdf atau sebaliknya itu bisa digunakan untuk mengedit pdf.

Namun apabila file merupakan hasil scan, untuk mengeditnya Anda bisa menggunakan microsoft office OneNote. Cara ini sangat berguna apabila Anda malas mengetik kata-kata dalam file hasil scan tersebut. Caranya seperti berikut ini :

Cara edit file pdf hasil scan :

  • Buka Ms. OneNote (biasanya akan otomatis terinstall apabila Anda menginstal office). Silahkan cari aplikasinya di laptop Anda.
  • Apabila sudah terbuka pilih menu Insert > picture. Kemudian cari file hasil scan yang akan di edit.
  • Selanjutnya klik gambar hasil scan yang sudah di insert > klik kanan > Copy Text From Picture

Silakan buka aplikasi word, notepad atau semacamnya kemudian paste untuk meletakkan text hasil copiannya.

Itulah penjelasan tentang cara edit file pdf secara langsung dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait