4 Tips Agar Tak Mabuk di Bus saat Mudik Lebaran

4 Tips Agar Tak Mabuk di Bus saat Mudik Lebaran. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Perjalanan jauh menggunakan bus saat mudik Lebaran seringkali membuat orang merasa mabuk perjalanan. Hal ini umumnya disebabkan oleh gerakan naik turun dan bantingan yang terjadi selama perjalanan yang panjang.

Bacaan Lainnya

Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti mual, muntah, pusing, dan ketidaknyamanan umum. Berikut adalah tips mengatasi mabuk perjalanan yang bisa Anda terapkan:

1. Hindari Makan Berat Sebelum Perjalanan
Mengonsumsi makanan berat sebelum perjalanan dapat membuat Anda lebih rentan terhadap mabuk perjalanan. Sebaiknya pilih makanan ringan dan hindari makanan yang berlemak atau berat agar perut tidak terlalu penuh selama perjalanan.

2. Gunakan Obat Anti Mabuk
Jika Anda cenderung mengalami mabuk perjalanan, konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi obat anti mabuk yang sesuai. Obat ini bisa membantu meredakan gejala mual dan muntah selama perjalanan.

3. Pilih Tempat Duduk yang Strategis
Saat memilih tempat duduk di dalam kendaraan, pilihlah tempat yang strategis untuk mengurangi gejala mabuk perjalanan. Misalnya, duduk di bagian tengah kendaraan atau di dekat jendela, karena tempat-tempat tersebut memiliki gerakan yang lebih sedikit dan dapat membantu Anda merasa lebih stabil.

4. Hindari Membaca atau Menatap Layar
Membaca atau menatap layar gadget selama perjalanan bisa memperburuk gejala mabuk perjalanan karena menyebabkan konflik antara informasi visual dan sensorik yang diterima oleh otak. Lebih baik fokus pada pandangan ke depan atau istirahat sejenak untuk mengurangi ketidaknyamanan.
(BBS/Magang/Halwa)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait