5 Danau Terindah di Sumbar, Cocok untuk Liburan!  

Danau Singkarak di Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. (Foto: Canva/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Sumatera Barat (Sumbar) terkenal akan kekayaan alamnya, terkhususmya secara geografis. Alam Sumbar dengan topografi beragam penuh akan kekayaan bentang alam yang indah. Salah satunya adalah danau.

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Berikut adalah lima danau terindah di Sumbar yang cocok dikunjungi kala liburan.

Danau Maninjau

Danau Maninjau, di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumbar, dikelilingi oleh tebing-tebing perbukitan. Airnya berwarna biru terang saat cuaca cerah, dengan persawahan warga di sekitarnya yang menyerupai karpet alam. Terkenal dengan Puncak Lawang dan Kelok Ampek-ampek atau 44, danau ini adalah danau kedua terbesar di Sumbar.

Danau Singkarak

Ikan bilih, endemik Danau Singkarak, menjadi penopang utama mata pencaharian penduduk sekitar, terutama nelayan. Danau ini, terluas di Sumatera Barat dan melintang di dua kabupaten, yaitu Solok dan Tanah Datar, menjadi simbol Tour de Singkarak (TdS), event balap sepeda sekaligus promosi pariwisata melalui keindahan alam Sumbar.

Danau Diatas

Danau Diatas dan Danau Dibawah berdekatan, membentuk Danau Kembar di dataran tinggi Bukit Barisan, Alahan Panjang, Kabupaten Solok. Terletak di ketinggian, Danau Kembar atau Danau Diateh menawarkan pemandangan menakjubkan dari dermaga wisata, dengan warung jajanan ringan dan kursi-kursi untuk menikmati keindahan alam danau.

Danau Dibawah

Seperti Danau Diatas, Danau Dibawah juga memiliki pemandangan yang hampir serupa. Sebelum menikmati keindahan Danau Diatas, pengunjung akan melihat panorama alam Danau Dibawah di sepanjang jalan Alahan Panjang, Kabupaten Solok. Di tepi danau tersebut, banyak penduduk bercocok tanam hortikultura seperti kol, wortel, dan kayu manis. Meskipun letak kedua danau ini sering membingungkan, yaitu Danau Dibawah di atas bukit dan Danau Diatas di bawah bukit, disarankan untuk membawa pakaian hangat karena suhunya cenderung sejuk hingga dingin.

Danau Talang

Danau ketiga di Kabupaten Solok, berlokasi di Gunung Talang, memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Pengunjung masih terbatas, berbeda dengan danau-danau lain di Sumatera Barat. Akses transportasi ke Danau Talang cukup sulit dengan rute yang penuh kelokan, tanjakan, bukit, dan jurang curam. Meski begitu, panorama selama perjalanan sangat memukau. (015/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait