Liburan di Sumbar? Kunjungi 4 Air Terjun Ini!

Air terjun Nyarai. (Foto: Canva/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Daya tarik wisata di Sumatera Barat (Sumbar) begitu menarik dan beragam, mencakup segala hal mulai dari keindahan alam, warisan budaya, hingga jejak sejarah.

Bacaan Lainnya

Namun, tak kalah menariknya, di wilayah ini terdapat kecantikan alam yang luar biasa, terutama air terjun.

Keunikan yang dimiliki oleh air terjun di Sumbar menjadi salah satu aspek yang membuatnya begitu memikat. Berikut empat air terjun yang wajib dikunjungi saat liburan.

Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai, setinggi sekitar 35 meter, terletak di Kabupaten Tanah Datar, di tepi Jalan Raya Padang-Bukittinggi. Berlokasi di batas barat Cagar Alam Lembah Anai, air terjun ini dikelilingi oleh hutan lebat dan monyet-monyet yang berkeliaran. Saat liburan, ratusan pengunjung datang menikmati keindahannya, menjadikannya ikon pariwisata Sumbar.

Air Terjun Sarasah

Air terjun yang terletak di Kecamatan Pauh, Kota Padang, menampilkan keindahan alam dengan air yang mengalir melewati formasi bebatuan mirip kubus bertumpuk seperti Piramida. Dengan total tujuh tingkatan, air terjun ini menjadi daya tarik wisata yang populer, seringkali dikunjungi oleh banyak wisatawan yang tertarik dengan keunikan pemandangannya.

Air Terjun Lubuak Tampuruang

Sumbar, dikelilingi perbukitan, memiliki banyak air terjun, termasuk Air Terjun Lubuak Tampuruang di Balimbiang, Kecamatan Kuranji, Padang, yang berjarak sekitar 20 km dari Kota Padang. Pengunjung dapat mencapainya dengan motor atau mobil. Setibanya, mereka akan menikmati pemandangan air terjun indah dan kolam berbentuk tempurung. Area ini diliputi oleh pepohonan rindang, menciptakan suasana asri dan teduh.

Air Terjun Lubuk Batang

Air Terjun Lubuk Batang direkomendasikan sebagai destinasi wisata air terjun menarik. Terletak di Kabupaten Limapuluh Kota, air terjun ini menawarkan pemandangan indah dengan aliran air yang diapit oleh dua tebing tinggi. Selain menyegarkan pikiran, lokasi ini juga ideal untuk pecinta fotografi dengan banyak spot menarik dan instagramable. Meskipun diapit oleh tebing tinggi, pengunjung tetap dapat bermain air dan berenang dengan hati-hati di kawasan air terjun ini. (015/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait