5 Destinasi Wisata Bawah Laut Terkenal di Indonesia

Taman laut di Indonesia. (Foto: Canva/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Indonesia, sebagai negara kepulauan yang kaya akan keindahan alam, menyimpan keajaiban bawah laut yang menakjubkan.

Bacaan Lainnya

Mulai dari terumbu karang yang memukau hingga kehidupan laut yang beragam, mari sambut petualangan dari lima destinasi wisata di bawah permukaan air yang memikat ini.

1. Raja Ampat
Raja Ampat, dikenal sebagai surga tersembunyi di Timur Indonesia, adalah kepulauan dengan lebih dari 1.500 pulau kecil di sekitar empat pulau utama: Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool.
Destinasi ini, dengan wilayah seluas 9,8 juta hektar, menawarkan pesona bawah air yang menakjubkan, rumah bagi 540 jenis karang, lebih dari 1.000 jenis ikan karang, dan 700 jenis moluska. Raja Ampat membanggakan kekayaan laut yang paling beragam di dunia.

2. Lombok beserta Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air
Lombok, sebagai destinasi wisata unggulan di Indonesia, tidak kalah eksotis dengan Bali. Dengan pantai-pantai menawan, pulau-pulau kecil yang indah, dan kehidupan laut yang spektakuler, Lombok menawarkan paket liburan lengkap di Nusa Tenggara Barat. Terkenal dengan lebih dari 20 Gili-nya, seperti Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, Lombok menjadi destinasi yang sangat diminati oleh wisatawan.

3. Kepulauan Derawan
Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, telah memukau dunia dengan keindahan gugusan pulau dan spesies ubur-ubur yang menarik. Terkenal sebagai destinasi diving populer, keindahan pantai pasir putih dan laut biru yang jernih di bawah permukaan air telah menarik perhatian wisatawan lokal maupun internasional. Dengan lebih dari 30 pulau yang menakjubkan, Kepulauan Derawan semakin menjadi fokus perhatian bagi para penggemar keindahan alam bawah laut.

4. Bunaken
Taman Nasional Bunaken, bagian dari Warisan Internasional, adalah tujuan favorit penyelam. Terkenal dengan “underwater great walls” atau dikenal sebagai “hanging walls,” Bunaken menampilkan dinding-dinding karang besar yang vertikal dan melengkung ke atas.

5. Wakatobi
Kabupaten Wakatobi, Taman Laut Nasional dengan total luas 1,4 juta hektar, 900.000 hektar di antaranya merupakan rumah bagi berbagai jenis terumbu karang tropis. Terkenal sebagai penghalang karang terbesar kedua di Indonesia setelah Great Barrier Reef di Australia, Wakatobi menawarkan pengalaman menyelam tak terlupakan dengan lebih dari 50 situs menyelam spektakuler yang mudah diakses dari pulau-pulau utama. Dengan koleksi 942 spesies ikan dan 750 spesies terumbu karang, Wakatobi memang menjadi salah satu destinasi wisata alam terbaik di Indonesia. (015/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait