Sedang Musim, Ketahui Lima Manfaat Mangga untuk Kesehatan

Buah mangga bagi kesehatan
Mangga mengandung jenis enzim yang sangat bermanfaat untuk sakit maag. Termasuk beberapa enzim pencernaan yang membantu dalam memecah protein, dan menyehatkan pencernaan. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Mangga adalah buah yang termasuk ke dalam genus Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota dari famili Anacardiaceae. Buah mangga memiliki bentuk bulat atau oval dengan kulit yang berwarna hijau, kuning, oranye, atau merah tergantung pada jenisnya.

Bacaan Lainnya

Mangga memiliki banyak manfaat dan kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Buah ini secara umum juga mengandung vitamin C yang tinggi, serat, dan antioksidan seperti beta-karoten. Karena itu, mengonsumsi buah ini secara teratur tentunya dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan.

Nah, salah satu jenis buah ini, yaitu mangga madu atau mangga ataulfo adalah salah satu jenis pilihan mangga dengan banyak penggemar. Sebab, rasanya manis dan teksturnya creamy. Namun, apa saja manfaat buah mangga bagi kesehatan?

Manfaat Buah Mangga

Mangga madu memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Buah ini juga kaya akan vitamin A dan kalsium. Selain itu, buah ini juga kaya akan antioksidan dan senyawa lainnya yang baik bagi kesehatan.

Lebih jelasnya, berikut ini manfaat buah mangga madu bagi kesehatan:

  1. Bagus untuk Kesehatan Mata

Mangga adalah sumber vitamin A yang dapat mendukung kesehatan mata. Antioksidan lutein dan zeaxanthin juga dapat mencegah berbagai masalah kesehatan terkait mata.

  1. Meningkatkan Memori dan Konsentrasi

Selain bagus untuk mata, manfaat makanan sehat ini juga dapat meningkatkan memori dan konsentrasi. Sebab, buah ini mengandung asam glutamin, yang baik untuk anak-anak dengan konsentrasi yang buruk.

Senyawa ini dapat membantu mempertahankan sel-sel aktif otak dan sangat bagus untuk meningkatkan memori. Selain itu, mangga madu jua mengandung vitamin B6 yang dapat meningkatkan fungsi otak.

  1. Baik untuk Pencernaan

Mangga mengandung jenis enzim yang sangat bermanfaat untuk sakit maag. Termasuk beberapa enzim pencernaan yang membantu dalam memecah protein, dan menyehatkan pencernaan. Selain itu, buah ini juga kaya akan serat untuk mencegah sembelit.

  1. Menurunkan Kolesterol

Karena tinggi serat, mangga madu juga dapat membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh. Terutama lipoprotein berdensitas rendah yang berbahaya yang umumnya dikenal sebagai kolesterol jahat.

  1. Mencegah Anemia

Manfaat buah mangga madu lainnya adalah mencegah anemia. Ini karena mangga madu mengandung zat besi yang baik untuk ibu hamil dan juga pengidap anemia.

Itulah penjelasan mengenai manfaat buah mangga bagi kesehatan. Semoga bermanfaat! (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait