Bupati Pessel Rusma Yul Anwar Resmikan Pasar Lunang

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar mengungkapkan, perbaikan Pasar Lunang bukan sekedar kegiatan renovasi, tapi lebih pada upaya menciptakan pusat pertumbuhan. (Foto: REGA DESFINAL/sumbarfokus.com)

PESISIR SELATAN (SumbarFokus)

Pemeritahan Kabupaten Pesisir Selatan meresmikan Pasar Lunang, Sabtu (8/11/2023). Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar mengungkapkan, perbaikan Pasar Lunang bukan sekedar kegiatan renovasi, tapi lebih pada upaya menciptakan pusat pertumbuhan.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan, dalam Kebijakan anggaran pembangunan mesti berorientasi pada pertumbuhan ekonomi yang merata, berkualitas dan berkelanjutan menuju kemandirian perekonomian daerah, sehingga berujung pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

“Jadi tidak sekedar tampak wah yang sarat dengan nilai prestise saja,” ungkap Bupati pada peresmian.

Ditambahkan, program kebijakan pembangunan pasar ke depannya tidak lagi di sepanjang jalan Negara, tapi mengarah ke kawasan pemukiman, sehingga mampu sebagai pusat pertumbuhan.

Pemerintah Kabupaten, kata Bupati, menyadari bahwa di era digital saat ini turut merubah pola transaksi masyarakat, dari yang sebelumnya offline kini menjadi online, sehingga berdampak pada omset pedagang pasar tradisional.

“Karena itu, pasar kabupaten mesti dekat dengan konsumen atau pemukiman agar transaksi tetap terjaga. Perputaran uang itu nanti yang bakal mendongkrak ekonomi warga sekitar,” terang bupati.

Namun yang tak kalah pentingnya adalah paradigma masyarakat Minangkabau yang menjadikan pasar tidak hanya sebagai pusat transaksi ekonomi semata, tapi sekaligus tempat terjadinya interaksi sosial.

Bagi masyarakat Minang, khususnya kaum laki-laki, terdapat filosofi surau tempat mengaji atau menimba ilmu, lapau (kedai) tempat bertukar informasi, dan rantau tempat mencari rejeki.

“Dengan demikian, saya berharap renovasi pasar Lunang bisa meningkatkan ekonomi dan interaksi sosial demi kemajuan daerah dan kesejahteraan umum,” ujar Bupati.

Pada kesempatan itu, Wakil Kepala Wakil Kepala Pengembangan Prasarana Wilayah Barat Kementerian Perdagangan Joko Susilo mengapresiasi kemauan keras Bupati Rusma Yul Anwar mewujudkan kemajuan daerah.

Menurutnya, Bupati sangat agresif mengejar program pembangunan, utamanya sarana perekonomian masyarakat. Kementerian berjanji kembali bakal mengalokasikan usulan yang disampaikan pemerintah kabupaten.

“Luar biasa kinerja Pak Bupati. Ini sesuai salah satu misi Presiden Joko Widodo, yakni mewujudkan pembangunan yang merata dan berkeadilan,” sebutnya.

Sementara, Kadis Perdagangan dan Transmigrasi Mimi Riarty Zainul mengatakan, anggaran pembangunan pasar Lunang berasal dari Dana Tugas Pembantuan Kementerian Perdagangan senilai Rp2,6 miliar.

Menurutnya, saat ini masih ada sejumlah pasar kabupaten di Pesisir Selatan yang tersebar di berbagai kecamatan butuh pembiayaan renovasi, sehingga transaksi jual beli menjadi lebih nyaman.

Karena itu, atas nama Pemerintah kabupaten dirinya berharap Kementerian Perdagangan pada APBN 2024 dapat merealisasikan usulan renovasi yang telah diajukan.

“Usulan ini tentu bagian tak terpisahkan dari upaya mewujudkan salah satu nawacita presiden, yakni membangun mulai dari pinggir,” tutupnya.(019)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait