Peduli Palestina, Ini yang Dilakukan Ribuan Masyarakat Pasbar

Ribuan masyarakat peduli Palestina, saat melakukan aksi solidaritas dengan long march berjalan kaki di seputaran jalur protokol 32 Pasaman Baru dan penggalangan dana di Masjid Agung Baitul Ilmi Pasaman Barat, Sabtu (18/11/2023) pagi. (Foto: WISNU A. UTAMA/sumbarfokus.com)

PASAMAN BARAT (SumbarFokus)

Aksi solidaritas dan bentuk kepedulian terhadap kemerdekaan rakyat Palestina serta pengecaman keras terhadap tindakan penjajahan yang dilakukan Zionis Israel terus mengalir. Seperti di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), ribuan masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Pasaman Barat Peduli Palestina turun ke jalan untuk melakukan aksi long march dan penggalangan donasi, Sabtu (18/11/2023) pagi.

Bacaan Lainnya

Antusias ribuan masyarakat sudah terlihat berkumpul sejak subuh di Masjid Agung Baitul Ilmi Pasaman Baru, Kecamatan Pasaman, dengan membawa sejumlah atribut seperti spanduk dan poster, sebagai bentuk dukungan terhadap kemerdekaan rakyat Palestina.

Suasana semangat bercampur rasa haru ketika terlihat dari ribuan massa melakukan aksi long march dengan berjalan kaki dan menyuarakan takbir, dimulai dari halaman Masjid Agung Baitul Ilmi mengitari sepanjang jalur protokol 32 Pasaman Baru.

Aksi ini mendapat pengawalan dari petugas Kepolisian Polres Pasaman Barat, TNI Koramil 02/Simpang Empat Kodim 0305/Pasaman, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Dinas Perhubungan Pasaman Barat.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pasaman Barat Darmansyah mengatakan, aksi ini merupakan bentuk kepedulian dan solidaritas masyarakat Pasaman Barat terhadap saudara-saudara seiman yang berada di Palestina.

“Sebelum melakukan aksi long march dan penggalangan donasi, kegiatan diawali dengan salat subuh dan salat gaib secara berjamaah, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian orasi di halaman Masjid Agung Baitul Ilmi,” ucapnya.

Ditambahkan, ribuan massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Pasaman Barat Peduli Palestina sangat mengecam keras atas tindakan penjajahan yang dilakukan Zionis Israel, hingga menyebabkan ribuan korban berjatuhan mulai usia dewasa hingga anak-anak.

“Dalam aksi solidaritas ini, massa berdatangan dari seluruh Kecamatan, bahkan dari beberapa Organisasi Masyarakat (Ormas) yang ada di Kabupaten Pasaman Barat serta para santri Pondok Pesantren, Siswa Siswi SMP/MTs, SMA/MAN dan masyarakat pada umumnya,” terangnya.

Dijelaskan, jumlah massa yang terlibat dalam aksi solidaritas diperkirakan berjumlah 12 ribu orang, yang datang dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Pasaman Barat.

Selain itu, penggalangan donasi dari masyarakat Pasaman Barat untuk Palestina sementara ini terkumpul sekitar Rp270 juta.

“Alhamdulillah, donasi sementara terkumpul Rp270 juta, namun donasi tersebut masih terus berdatangan dikarenakan penggalangan dana masih dilakukan oleh masyarakat. Selain dari donasi, ada juga hasil pelelangan sejumlah barang, nantinya seluruh donasi yang terkumpul akan kita kirimkan untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina,” jelasnya.

Ditambahkan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah meluangkan waktu dalam aksi solidaritas dan kepedulian untuk Palestina, semoga Allah membalas kebaikan kita semua yang terlibat dalam aksi ini.

“Terima kasih kepada petugas keamanan dari Polres Pasaman Barat, TNI Koramil 02/Simpang Empat Kodim 0305/Pasaman, Satuan Polisi Pamong Praja dan Dinas Perhubungan yang telah membantu pengawalan dan pengaturan lalu lintas sekitar lokasi, sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar, aman dan tertib,” pungkasnya. (018)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait