Ini Cara Hilangkan Ngantuk di Pagi Hari

Pagi hari seringkali terganggu akibat rasa ngantuk yang melanda. (Foto: Canva/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Begitu menyapa pagi yang baru, seringkali kita merasa kurang segar dan mengantuk. Rasa ngantuk di pagi hari bisa menjadi tantangan tersendiri.

Bacaan Lainnya

Terdapat cara-cara efektif untuk menghilangkan ngantuk dan meningkatkan energi di awal hari.

  1. Minum air putih saat bangun tidur

Setelah bangun tidur, sebaiknya konsumsi 1–2 gelas air putih untuk mengganti cairan yang hilang selama tidur. Dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, Anda akan merasa lebih segar dan mengurangi risiko dehidrasi.

  1. Rutin sarapan

Dengan sarapan rutin, tubuh mendapatkan energi dan nutrisi untuk meningkatkan kesiapan harian. Disarankan sarapan terutama bagi yang sering mengabaikannya. Jika berolahraga pagi, sarapan sesudahnya dapat membakar kalori lebih banyak, meningkatkan metabolisme, dan mencegah ketidaknyamanan perut.

  1. Konsumsi makanan bergizi tinggi

Ngantuk adalah tanda kelelahan atau kekurangan energi. Untuk mengatasi ngantuk di pagi hari, konsumsi makanan kaya protein, karbohidrat, lemak, serta vitamin dan mineral. Sumber nutrisi tersebut termasuk daging tanpa lemak, ikan, telur, produk susu seperti keju dan yogurt, serta buah-buahan seperti alpukat, semangka, dan pisang.

  1. Kurangi konsumsi kafein

Kafein dapat meningkatkan kewaspadaan, tetapi konsumsi berlebih dapat menyebabkan kelelahan dan mengantuk. Untuk menghindari keluhan ini, batasi konsumsi kafein dan gunakan cangkir kecil jika sulit menghentikan kebiasaan tersebut.

  1. Nikmatilah sinar matahari pagi

Berjemur di sinar matahari pagi selama 5–15 menit setiap hari dapat meningkatkan serotonin, memperbaiki kualitas tidur, dan membuat bangun tidur lebih segar, mencegah ngantuk di pagi hari. Meskipun bekerja dari rumah, berjemurlah sebelum pukul 10 pagi untuk manfaat optimal. (015/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait