Ciri Khas Dendeng Batokok Ala Minang

Ciri Khas Dendeng Batokok Ala Minang. (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Dendeng batokok adalah makanan khas yang terbuat dari daging sapi yang di iris tipis dan lebar, dendeng batokok sendiri berasal dari Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

Disaat sekarang, dendeng batokok sangat mudah di temukan di hampir seluruh rumah makan atau restoran Padang, khususnya daerah asal nya yaitu Bukittinggi.

Diberi nama dendeng batokok karena berasal dari proses pengolahan nya yang di pukul atau dalam bahasa minang “ditokok”. Proses pengolahan daging sapi pada makanan ini adalah di tokok terlebih dahulu, tujuan nya adalah agar daging menjadi lembut dan mudah menyerap bumbu.

Setelah ditokok dan di beri bumbu, daging tersebut bisa di bakar atau di goreng. Baru setelah itu, di beri sambal yang menggunakan cabe hijau atau merah diatas nya. Namun terkadang ada juga yang hanya menuangkan minyak goreng panas dan diberi taburan bawang goreng.

Dendeng batokok juga menjadi salah satu makanan Padang yang menjadi favorit selain rendang, karena rasanya yang gurih dan sedikit pedas membuat makanan ini menjadi makanan yang terkenal dikalangan pencinta masakan Padang.
(BBS/Magang/ Zeni)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait