Ketahui, Ini Efek Buruk Minum Sambil Berdiri

Ketahui, Ini Efek Buruk Minum Sambil Berdiri, (Foto: MUHAMMAD SHIDDIQ PUTRA/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Kebiasaan yang sudah dilakukan sehari-hari memang sulit untuk mengubah nya, seperti halnya minum sambil berdiri.

Bacaan Lainnya

Banyaknya aktivitas yang dilakukan seringkali membuat seseorang menjadi terburu-buru dan memutuskan minum sambil berdiri hingga menjadi suatu kebiasaan.

Namun, kebiasaan ini harus diubah supaya tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Selain itu, kebiasaan minum sambil berdiri juga tidak sesuai dengan norma kesopanan yang ada di masyarakat Indonesia.

Walaupun terlihat sepele, kebiasaan ini ternyata memiliki efek buruk bagi kesehatan. Berikut adalah efek buruk yang bisa terjadi:

1. Memengaruhi Kesehatan Ginjal
Ketika minum dalam posisi berdiri, air yang masuk akan mengalir langsung dengan cepat menuju perut bagian bawah tanpa disaring. Hal ini dapat menyebabkan kotoran yang ada didalam air menumpuk di kantong empedu, sehingga menimbulkan gangguan pada ginjal.

2. Mengganggu Saluran Pencernaan
Saat minum sambil berdiri air akan melewati usus dan langsung jatuh ke dinding perut, hal ini dapat menyebabkan kerusakan sistem pencernaan dan dalam jangka panjang dapat merusak dinding perut.

3. Menyebabkan Heatburn
Heatburn adalah kondisi dimana kerongkongan terasa terbakar karena zat asam yang ada di perut naik ke atas. Hal ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan minum sambil berdiri.

4. Berisiko Terkena Artritis
Artritis adalah kondisi dimana terjadinya penumpukan cairan di sendi tubuh. Saat minum sambil berdiri, keseimbangan cairan didalam tubuh menjadi terganggu sehingga menyebabkan penumpukan cairan pada sendi.
(BBS/Magang/ Zeni)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait