Diskominfo Agam Akan Bentuk Pokja Pengelolaan Data Statistik Sektoral

Dalam rangka mendukung perencanaan program yang lebih efektif dan berkelanjutan, Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Agam membentuk Pokja Pengelolaan Data Statistik Sektoral Kabupaten Agam yang beranggotakan seluruh OPD dan instansi di Kabupaten Agam. (Foto: ANIZUR/SumbarFokus.com)

AGAM (SumbarFokus)

Dalam rangka mendukung perencanaan program yang lebih efektif dan berkelanjutan, Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Agam membentuk Pokja Pengelolaan Data Statistik Sektoral Kabupaten Agam yang beranggotakan seluruh OPD dan instansi di Kabupaten Agam. OPD dan instansi ini merupakan produsen data statistik sektoral di Kabupaten tersebut.

Bacaan Lainnya

Guna meningkatkan kapasitas pokja statistik sektoral Pemkab Agam, Dinas Komunikasi dan Informatika menggandeng Badan Pusat Statistik (BPS) Agam menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi produsen data statistik sektoral.

Kegiatan ini diikuti oleh Pokja Data Statistik Sektoral Pemkab Agam, dengan narasumber utama dari BPS Agam.

Bimtek yang diselenggarakan di aula Dinas Kesehatan Kabupaten Agam pada Kamis (22/2/2024) ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Syatria, yang memberikan penekanan akan pentingnya peran data statistik sektoral dalam mendukung proses perencanaan dan evaluasi program.

Salah satu tujuan utama dari bimtek ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dan pemahaman para produsen data statistik sektoral di tingkat OPD. Hal ini diharapkan dapat menghasilkan data yang lebih akurat dan terpercaya dalam mendukung berbagai kegiatan perencanaan pembangunan di Kabupaten Agam.

Selain itu, bimtek ini juga menjadi momentum untuk melakukan pengumpulan data di setiap OPD guna melengkapi satu data yang komprehensif. Data ini akan disajikan dalam bentuk fisik dan digital, sehingga dapat diakses dengan mudah oleh berbagai pihak terkait.

“Kami berharap bahwa hasil dari kegiatan bimtek ini dapat memberikan dukungan yang signifikan bagi semua pihak, terutama dalam perencanaan program kedepan serta evaluasi program yang sudah berjalan di Kabupaten Agam,” ujar Kadis Kominfo.

Dengan demikian, diharapkan bahwa melalui upaya ini, Kabupaten Agam dapat memanfaatkan potensi data statistik sektoral secara optimal untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan dan berdaya guna bagi masyarakat. (007)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait