Fantastis! 4 Fakta Unik Pesawat yang Harus Anda Ketahui  

Ilustrasi. (Foto: YEYEN/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Dalam menempuh perjalanan jarak jauh, moda transportasi pesawat jadi favorit sebagian orang untuk digunakan. Di dunia penerbangan yang terus berkembang, pesawat terus memberi kejutan dengan inovasi dan teknologi yang semakin canggih.

Bacaan Lainnya
KPU Provinsi Sumatera Barat

Artikel ini membawa Anda dalam perjalanan melalui empat fakta unik yang menakjubkan tentang pesawat, membuka jendela ke dalam dunia penerbangan yang fantastis dan penuh dengan keajaiban teknologi.

  1. Pintu Pesawat Tidak Bisa Dibuka Saat Terbang

Tahukah Anda bahwa pintu pesawat tidak bisa dibuka saat terbang? Pintu pesawat sulit dibuka di udara karena tekanan tinggi di dalam kabin, memerlukan kemampuan melawan tekanan udara hingga sekitar 11.000 kilogram.

  1. Sayap Tidak Bisa Membuat Pesawat Terbang

Sayap bukanlah komponen satu-satunya yang membuat pesawat terbang. Sayap berperan untuk memberikan daya angkat sehingga pesawat bisa terbang di udara. Mesin dan gaya yang bekerja lah yang membuat pesawat dapat terbang. Ada empat gaya yang mendorong pesawat, yakni gaya angkat, gaya dorong, gaya tarik, dan gaya berat.

  1. Sambaran Petir Jarang Menyebabkan Kecelakaan Pesawat

Pesawat modern dirancang dengan sistem SD (Static Discharge) yang terdapat di ekor pesawat. SD berupa lempengan plastik berisi logam yang berfungsi menetralkan muatan listrik ke udara, mengurangi risiko tersambar petir pada pesawat. Selain itu, pesawat yang tengah terbang di udara minim risiko kecelakaan, akibat gangguan cuaca.

  1. Pesawat Memiliki Klakson

Pesawat ternyata dilengkapi klakson, meskipun jarang terdengar. Klakson ini hanya digunakan ketika pesawat diam di darat untuk keperluan teknisi pesawat, seperti memberi peringatan saat teknisi di dalam pesawat menemui sesuatu yang perlu diperhatikan oleh rekan-rekan teknisi di luar pesawat. (015/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait