Kenali Fungsi Jantung dan Bagiannya

Fungsi jantung berdasarkan anatominya
Bilik kanan jantung berfungsi untuk memompa darah kotor ke paru-paru agar karbondioksida dapat diganti dengan oksigen melalui pernapasan. (Foto: Canva/Ist.)

PADANG (SumbarFokus)

Jantung merupakan salah satu organ vital yang ada dalam tubuh manusia. Diantara beberapa fungsi jantung yang urgen, diantaranya adalah untuk menjaga ritme detak jantung dan mejaga darah serta untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

Selain dari fungsi utama yang telah disebutkan, jantung juga memiliki fungsi lain yang sesuai berdasarkan anatomi. Simak penjelasan fungsi jantung berdasarkan anatominya berikut ini.

  1. Serambi kiri jantung

Serambi kiri jantung berfungsi untuk menerima darah bersih dari paru-paru yang ditunjang oleh anatomi jantung bernama serambi kiri. Bagian jantung ini berada di kiri atas jantung.

Darah bersih merupakan darah yang mengandung oksigen, yang masuk ke serambi kiri melalui pembuluh balik atau vena pulmonasil. Kemudian dipompa menuju bilik kiri lewat katup mitral.

  1. Bilik kiri jantung

Bilik kiri jantung ini berfungsi untuk memompa darah bersih ke seluruh tubuh. Bagian yang berada di bawah serambi kiri yang dipisahkan oleh katup mitral ini merupakan bagian jantung yang paling tebal.

Otot pada bilik kiri jantung akan membesar dan mengeras ketika tekanan darah meningkat. Hal tersebut disebabkan oleh beban kerja bilik kiri yang bertambah untuk memompa darah. Bila hal tersebut terjadi secara berkelanjutan, dapat mengakibatkan fungsi jantung terganggu.

  1. Serambi kanan jantung

Serambi kanan jantung berfungsi untuk menerima darah kotor dari vena serta memompa balik ke bilik kanan. Darah kotor adalah dara yang mengandung oksigen lebih sedikit.

Pada janin, umumnya terdapat lubang pada serambi kanan untuk memungkinkan darah yang mengandung oksigen dari sang ibu untuk masuk ke serambi kiri. Hal ini penting untuk menjaga sirkulasi darah pada janin, karena paru-paru bayi yang berada dalam kandungan belum mampu bekerja secara optimal. Saat bayi dilahirkan, paru-parunya baru akan mengembang dan bekerja dengan baik. Lubang yang terdapat pada serambi kanan akan otomatis tertutup serta membuat batasan di antara serambi kanan dan kiri.

  1. Bilik kanan jantung

Bilik kanan jantung berfungsi untuk memompa darah kotor ke paru-paru agar karbondioksida dapat diganti dengan oksigen melalui pernapasan. Darah kotor yang mengalir melalui serambi akan melewati katup trikuspid untuk bisa sampai di bilik kanan. Kemudian darah akan dipompa ke paru-paru melalui katup pulmonalis lalu mengalir melalui arteri pulmonalis. Bila anatomi jantung ini tidak berfungsi dengan baik, dapat mengakibatkan gagal jantung kanan karena jantung tidak mampu memompa secara efisien.

Bilik kanan jantung terletak di bawah serambi kanan jantung dan di samping bilik kiri jantung.

Itulah beberapa fungsi jantung berdasarkan anatominya. Setelah mengetahui fungsi-fungsinya tersebut, alangkah baiknya untuk senantiasa menjaga kesehatan jantung agar terbebas dari penyakit jantung dan gangguan kesehatan lainnya. Download aplikasi IHC Telemed di App Store dan Google Play dan nikmati layanan konsultasi langsung dengan dokter IHC dimanapun dan kapanpun. IHC Telemed, sehat dalam genggaman. (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait