Imbauan Bupati Solok: Gunung Talang Tetap Buka, Pendaki Diingatkan Tetap Waspada

Tutupnya sejumlah gunung di Sumatera Barat (Sumbar) diprediksi akan membuat para pendaki mengalihkan lokasi pendakiannya ke Gunung Talang, karena dari beberapa gunung yang ada hanya Gunung Talang yang tetap buka. (Foto: Pemkab Solok/sumbarfokus.com)

SOLOK (SumbarFokus)

Tutupnya sejumlah gunung di Sumatera Barat (Sumbar) diprediksi akan membuat para pendaki mengalihkan lokasi pendakiannya ke Gunung Talang, karena dari beberapa gunung yang ada hanya Gunung Talang yang tetap buka.

Bacaan Lainnya

Terkait hal itu, Bupati Solok Epyardi Asda mengimbau kepada para pendaki agar ekstra hati-hati karena cuaca beberapa hari belakangan sering hujan deras dan badai. Hal ini tentu akan  berpengaruh kepada kondisi jalur dan tanah di lokasi Gunung Talang.

“Saya mengimbau kepada teman-teman pendaki atau pecinta alam untuk lebih berhati-hati. Kita tahu cuaca beberapa hari belakangan ini dan kondisi tanah saya dengar juga ada yang longsor. Untuk itu jangan remeh tentang pendakian, siapkan semua keperluan,” ujarnya pada Jumat (29/12/2023).

Epyardi yang juga pernah mendaki Gunung Talang itu mengatakan, tujuan mendaki adalah untuk menikmati alam dengan riang gembira. Jangan sampai rasa suka cita menjadi kesedihan.

“Saya paham bahwa para pendaki juga akan menikmati malam tahun baru di puncak. Nikmatilah dengan semangat, tapi tetap jaga keselamatan jangan sampai rasa suka menjadi kesedihan,” tuturnya.

Tak hanya itu, Epyardi juga meminta kepada para pendaki untuk tidak camp atau mendirikan tenda di puncak dekat kawah. Hal ini berbahaya karena selain mencegah hal yang tak diinginkan, juga menghindari terhisapnya asap belerang.

“Ikuti semua arahan dan larangan yang telah disampaikan. Dan ingat, jangan meninggalkan sampah, bawa kembali sampahnya ke bawah. Sekali lagi selamat menikmati alam, dan selamat bertahun baru, semoga kita semua ke depannya lebih baik,” tuturnya. (000/ril)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait