Inilah Nutrisi yang Wajib Hadir dalam Menu Diet Sehat

nutrisi
Ilustrasi. (Foto: Ist.)

(SumbarFokus)

Untuk menunjang kinerja dan energi dalam menjalani aktivitas sehari-hari, tubuh perlu diberi asupan nutrisi dari vitamin mineral, karbohidrat, protein, lemak, dan air putih. Mengapa zat tersebut penting untuk tubuh? Perhatikan penjelasan berikut ini.

Bacaan Lainnya
  1. Vitamin dan Mineral

Untuk menjalankan fungsinya, organ-organ tubuh membutuhkan vitamin dan mineral. Vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K adalah sederet vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Sedangkan kalsium, zat besi, kalium, zinc, dan selenium merupakan kandungan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, sumber energi yang demikian sangat Anda butuhkan pada saat diet.

  1. Air

Meski tidak memiliki nutrisi, air dapat bermanfaat untuk menghidrasi tubuh. Perlu diketahui bahwa setengah dari komposisi tubuh manusia terdiri dari air. Selain air minum, Anda bisa mendapatkan cairan melalui buah dan sayur yang dikonsumsi secara teratur.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat menjadi sumber energi utama yang dibutuhkan oleh tubuh. Agar organ otak bekerja maksimal, asupan energi yang masuk ke dalam tubuh haruslah cukup.

Sayuran, buah-buahan, biji-bijian utuh, dan kacang-kacangan merupakan contoh karbohidrat yang baik untuk tubuh. Selain itu, Anda perlu membatasi konsumsi asupan karbohidrat yang bersumber dari gula, seperti nasi putih, minuman bersoda, keripik kentang, permen, kue-kue manis, dan minuman buah kemasan.

  1. Protein

Protein juga tergolong sebagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Penting untuk memenuhi asupan protein yang cukup untuk membantu menjaga kesehatan tubh dan pertumbuhan jaringan tubuh. Anda bisa menemui asupan protein pada ikan, telur, daging, keju, dan kacang-kacangan.

  1. Lemak

Makanan mengandung lemak kerap dihindari saat melakukan diet. Namun, Anda perlu tahu bahwa tubuh juga membutuhkan asupan lemak untuk menjaga struktur sel, menjaga sistem imun, membantu tubuh menyerap vitamin, dan membantu jaringan tubuh berfungsi dengan baik.

Meski asupan lemak dibutuhkan oleh tubuh, Anda perlu memperhatikan batasan dalam mengonsumsi makanan berlemak. Mengetahui batasan mengonsumsi makanan berlemak penting diketahui agar tidak meningkatkan risiko masalah kesehatan dan tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

Ikan, daging unggas tanpa lemak, dan minyak zaitun menjadi pilihan makanan berlemak yang baik untuk tubuh. Kemudian Anda perlu membatasi konsumsi makanan cepat saji yang tinggi akan lemak jenuh.

Itulah penjelasan mengenai nutrisi yang wajib ada dalam menu diet Anda. (006/BBS)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait