Irjen Pol Suharyono buka Pelatihan Peningkatan Kapabilitas APIP di Lingkungan Polda Sumbar

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono membuka Pelatihan Peningkatan Kapabilitas APIP di Lingkungan Polda Sumbar, di Padang, Selasa (20/2/2024). (Foto: Polda Sumbar/SumbarFokus.com)

PADANG (SumbarFokus)

Kapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono membuka Pelatihan Peningkatan Kapabilitas APIP di Lingkungan Polda Sumbar, di Padang, Selasa (20/2/2024).

Bacaan Lainnya

Kapolda menyebut, salah satu faktor utama yang dapat menunjang keberhasilan sistem pengendalian intern pemerintah adalah efektivitas peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang terus melakukan peningkatan kapabilitas dalam menjalankan tugas dan fungsinya guna memberi nilai tambah bagi institusi Polri. hal ini sejalan dengan peran pengawasan intern untuk mendorong peningkatan efektivitas manajemen risiko (risk management), pengendalian (control) dan tata kelola organisasi.

“Sangat tepatlah pelatihan ini bertemakan melalui Peningkatan Kapabilitas APIP kita wujudkan tata kelola manajemen risiko dan pengendalian interen di lingkungan Polda Sumbar,” katanya di hadapan peserta pelatihan APIP.

Lanjut Kapolda, pelaksanaan fungsi pengawasan intern tidak terbatas pada fungsi audit tetapi juga sebagai konsultan dan penjamin kualitas terhadap pengelolaan sumber daya manusia, operasional, sarana prasarana dan keuangan negara dalam rangka memberikan keyakinan yang memadai bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan tolok ukur yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien untuk kepentingan organisasi dalam mewujudkan tata kepemerintahan yang baik.

Untuk mewujudkan peran APIP tersebut sebut Irjen Pol Suharyono, maka sangat perlu dilakukan pelatihan peningkatan kapabilitas APIP dengan tujuan, mewujudkan pengawasan yang efektif, mewujudkan peningkatan penanganan Dumas, mewujudkan APIP yang profesional dan berkompeten, mewujudkan akuntabilitas kinerja dan anggaran.

“Jadikan kegiatan pelatihan ini sebagai momentum untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas APIP Polri yang lebih baik lagi,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Irwasda Polda Sumbar Kombes Pol Arif Rahman Hakim, Pejabat Utama Polda Sumbar, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumbar, dan peserta pelatihan APIP. (000)

Dapatkan update berita lebih cepat dengan mengikuti Google News SumbarFokus.com. Klik tanda bintang untuk mengikuti.



Pos terkait